Puluhan Mantan Pekerja “Geruduk” Disnakertrans Kalsel

Banjarmasin, DUTA TVDidampingi Serikat Buruh Patriot Pancasila, puluhan perwakilan mantan buruh di PT. Chen Xin International Trading dan PT. Wilson Lautan Karet, mendatangi kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kalimantan Selatan, Kamis pagi (11/02/2021).

Kedatangan puluhan pekerja ini untuk mempertanyakan tindak lanjutpenanganan kasus ketenagakerjaan yang telah dilaporkan ke Disnakertrans Kalsel, sejak satu tahun lalu.

Dalam pertemuannya bersama Disnakertrans dan balai pengawasan ketenagakerjaan wilayah 1 Kalsel, ketua DPP SBPP pusat, Mangatur Nainggolan menuding, jika penyelesaian laporan buruh berjalan lamban. Menurutnya kedua perusahaan tersebut jelas-jelas telah melanggar aturan ketenagakerjaan.

Lihat Juga :  Aturan Baru Pesangon Buruh

“Perrmasalahan ini sangat mengusik jiwa kami, apa yang terjadi berdasarkan info kawan-kawan membayarupah dibawah ketentuan, memperkerjakan anak dibawah umur, tidak mendaftarakan pekerja ke BPJS, kemudian seluruh anggota berserikat yang terdaftar serikat semua di PHK, jadi terjadi pemberangusan padahal dijamin oleh undang-undang, kami mendesak agar segera mengungkap kejahatan kemanusiaan ini,” terang Mangatur Nainggolan.

Lihat Juga :  Aturan Baru Pesangon Buruh

Sementara itu, pengawas ketenagakerjaan Disnakertrans Kalsel,memastikan, jika kasus yang dilaporkan ini terus berjalan namun sedikit berjalan lamban lantaran laporan itu skalanya kompleks, sehingga perlu ketelitian agar dalam pengambilan keputusan tidak melanggar perundangan undangan yang berlaku.

Sebelumnya laporan mantan buruh PT. Chen Xin International Trading sendiri, terkait, pembayaran upah dan uang lembur di bawah ketentuan, memperkerjakan anak dibawah umur, pekerja tidak mendapat BPJS, serta dugaan pelarangan sholat jumat. Sedangkan, untuk PT Wilson Lautan Karet, buruh melaporkan tentang upah dan uang lembur yang tidak sesuai, serta pelarangan berserikat.

Lihat Juga :  Aturan Baru Pesangon Buruh

Reporter : Mawardi

Redha Aulia R


Uploader.
Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *