Polda Kalsel Sita Kebun dan Pabrik Kelapa Sawit

Banjarmasin, DUTA TV — Anggota Ditkrimsus Polda Kalsel terpaksa menghentikan operasional pabrik pengolahan CPO milik PT Ladang Rumpun Sumber Abadi dengan memasang garis polisi dan plang penyitaan.

Perusahaan yang beroperasi di Desa Bayan Sari Kecamatan Angsana Kabupaten Tanah Bumbu Kalsel ini diduga melanggar undang-undang nomor 41 tahun 1999 tentang kehutanan atau undang-undang nomor 11 tahun 2020 tentang cipta kerja karena melakukan aktivitas di kawasan hutan tanpa izin.

Menurut Kasubdit IV Tipiter Ditkrimsus Polda Kalsel, AKBP Tri Hambodo, diantara bangunan dan perkebunan kelapa sawit milik PT Ladang Rumpun Sumber Abadi terdapat kawasan hutan yang tak berdokumen atau tanpa izin.

Bahkan menurutnya pendudukan lahan ini sudah berlangsung lama, yakni sejak tahun 1995. Namun meski telah melakukan penyitaan terhadap aset perusahaan, pihaknya belum menetapkan tersangka dalam kasus ini.

Sementara itu penyitaan pabrik dan kebun kelapa sawit ini membuat ratusan karyawan harus berhenti bekerja. Mereka pun pasrah dan menunggu kabar dari pihak manajemen terkait nasib mereka.

Saat dikonfirmasi, pihak manajemen perusahaan menolak untuk memberikan keterangan dengan alasannya tidak berwenang.

Sekedar diketahui PT Ladang Rumpun Sumber Abadi mempekerjakan sekitar 500 karyawan untuk divisi pabrik maupun perkebunan.

 

Tim liputan

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *