Peternak Ayam Tambang Ulang Inovasi Pakan Ayam Dari Rumput

DUTA TV TANAH LAUT – Ide  kreatif dan bermanfaat bisa datang kapan saja. Berawal dari mahalnya harga pakan ternak ayam, Mahdi, warga desa Tambang Ulang Kecamatan Tambang Ulang Tanah Laut mencoba berinovasi mengolah pakan ternak sendiri dari tumbuhan rumput dan dedaunan.

Prosesnya pun terbilang mudah. Dengan bahan yang digunakan dari rumput atau daun sebanyak 75 persen, dedak 25 persen dan di tambah sedikit air.

Setelah digiling halus kemudian menunggu selama 30 menit hingga 1 jam, pakan ternak pun siap digunakan.

Diakui Mahdi, pakan alternatif ini justru lebih menguntungkan. Selain murah, bahan –bahan yang dibutuhkan juga relatif mudah didapatkan di pekarangan sekitar rumahnya.

Mahdi telah menggunakan pakan ternak ini kurang lebih selama 5 tahun. Meski pada awalnya dia sempat ragu, namun setelah beberapa kali dicoba ternyata pakan alternatif ini terbukti efektif dan mampu bertahan hingga ber bulan – bulan.

“ Faktor pengen hemat. Pakan mahal. Coba – coba rumput yang ada kita manfaatkan. Rumput digiling bisa untuk 4 hari. Sudah 5 tahun lebih,”ungkap Mahdi.

Dengan inovasi yang dilakukannya, kini Mahdi tidak lagi khawatir dengan mahalnya harga pakan ternak di pasaran. Dari budidaya ayam kampung selama 5 tahun terakhir ini, ia mampu menghasilkan ratusan ekor ayam pertahunnya, dimana per ekornya bisa dijual dengan harga mulai Rp 50 – 300  ribu.

Reporter : Suhardadi

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *