Perkaya Inovasi IKM, Disperin Kalsel Gelar Pelatihan Pembuatan Olahan Pangan

Banjarmasin, DUTA TV — Guna memperkaya inovasi, pengetahuan, dan keterampilan pelaku Industri, Kecil dan Menengah (IKM), Dinas Perindustrian (Disperin) Kalimantan Selatan menggelar Pelatihan Pembuatan Olahan Pangan Berbahan Daging Sapi kepada 26 pelaku IKM se-Kalsel, di Banjarmasin, Senin (1/3/2021).

Kepala Disperin Kalsel, Mahyuni berkomitmen untuk terus memperkenalkan hal-hal baru kepada para pelaku IKM, khususnya produk pangan, agar berani memproduksi aneka produk yang diminati masyarakat, termasuk olahan daging sapi seperti rollade daging, suwir daging, sosis, bakso daging, nugget, burger dan lain-lain.

Lihat Juga :  Jaga Populasi, DKP Kalsel Tebar 30.000 Benih Ikan Gabus di HSU

“Upaya ini juga dapat menarik minat generasi muda untuk menggeluti usaha karena daging sapi dapat diolah menjadi berbagai aneka produk pangan yang memiliki nilai tambah sehingga dapat dijual di pasaran dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata Mahyuni.

Mahyuni meyakini semakin tinggi minat masyarakat yang tertarik dengan aneka olahan berbahan daging sapi, maka peluang bagi pelaku IKM produk pangan berbahan daging sapi semakin terbuka lebar.

Lihat Juga :  Mengalami Refocusing Anggaran, Dispar Kalsel Pertahankan Kegiatan Berkelanjutan.

“Hal ini dikarenakan Kalsel memiliki potensi hewan ternak khususnya sapi yang cukup besar,” ujar Mahyuni.

Untuk mendukung keberadaan industri kecil yang cukup prospektif, maka diperlukan kreativitas mengolah potensi di daerah, misalnya pengolahan produk pangan melalui penambahan sentra industri kecil.

“Oleh karena itu, masyarakat perlu dibina untuk membentuk sentra industri kecil dan dilatih terkait teknologi pengolahan tersebut,” tukas Mahyuni. MC Kalsel/Ar

Lihat Juga :  Dinas Ketahanan Pangan Kalsel Pastikan Pasokan Pangan Tersedia Hingga Idulfitri

Tim liputan


Informasi ini juga bisa dilihat di website Diskominfo Kalsel Klik disini

Rahmatillah


Editor & Uploader

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *