Peran Ulama Diperlukan Dalam Pencegahan Terorisme

DUTA TV HSS & BANJARBARU – Aksi penyerangan kantor Mapolsek Daha Selatan yang dilakukan oleh seorang pemuda berusia 20 tahun, mendapatkan perhatian khusus dari kepala badan nasional penanggulangan terorisme atau BNPT.

Pelaku yang diduga masuk dalam jaringan teroris ini sendiri diperkirakan terpapar, pemikiran menyimpang terkait ajaran agama yang tidak sesuai dengan nilai luhur kebangsaan dan filsafah Pancasila.

Kepala BNPT KOMJEN Pol Boy Rafli Amar mengharapkan adanya bantuan dari seluruh para alim ulama, agar dapat membantu meluruskan segala bentuk pemahaman tentang agama yang dirasa menyimpang.

“Kita tau almarhum pelaku dari penyerangan Polsek Daha selatan ini adalah masih berusia 20 tahun, berarti golongan usia yang sangat produktif dan memiliki masa depan yang baik namun demikian kita tidak ingin kedepan, semakin banyak anak-anak generasi muda Indonesia semakin terpapar, oleh karenanya kita harus terus mendesiminasi nilai-nilai luhur bangsa, kita yang berdasarkan falsafah pancasila tidak ragu-ragu dan tentunya kita minta peran para alim ulama untuk meluruskan pemikiran pemikiran yang tidak benar dalam mengimplementasikan ajaran-ajaran agama,” tuturnya

BNPT Rangkul MUI Kalsel Tangani Paham Teroris

Sementara sebelum meninggalkan Kalsel pihak BNPT juga sempat melakukan pertemuan dengan Majelis Ulama Indonesia Kalsel di terminal VIP Pemprov.

Dalam pertemuan BNPT memaparkan hasil investigasi BNPT, mengenai tumbuhnya ajaran menyimpang dan ajaran teroris ISIS dengan target pemuda di banua, untuk itu para ulama di Banua di ajak untuk bersama-sama, melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap lembaga pendidikan keagamaan dan para pemuda.

“Kita harus turun dan akan melakukan pertemuan lanjutan,” kata KH Hafiz Anshari Waket MUI Kalsel

Diketahui dalam kasus ini selain menembak mati pelaku, polisi turut menyita sejumlah barng bukti berupa atribut yang kerap diidententikkan dengan organisasi ISIS.

Reporter : Muhammad Irfansyah & Tarida Sitompul

Asiah


Uploader.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *