Pemrov Kalsel Siap Bergerak, Sambut Ibu Kota Baru

DUTA TV BANJARBARU – Pemerintah provinsi Kalsel melalui sekertaris daerah Kalsel Abdul Haries Makkie mengatakan, perpindahan Ibu kota negara ke provinsi Kalimantan Timur tepatnya di kabupaten Panajam bakal menjadi potensi besar untuk banua.

Pasalnya keberadaan geografis yang berdekatan dengan kabupaten Tabalong dan Tanah Bumbu tersebut, nantinya memerlukan sumber daya manusia yang memadai sebagai penunjang.

Selain itu pihak Pemrov Kalsel juga tetap bersiap membangun infrastruktur dan siap jika kereta api antar Provinsi dibangun.

“Kita menyambut baik, apapun yang menjadi keputusan presiden Joko Widodo, yang jelas ini akan membawa manfaat untuk Indonesia, dan Kalimantan Selatan. Yang jelas kita sangat diuntungkn juga, karena kita pasti akan mempersiapkan infrastruktur dan SDM”, ujar Abdul Haries Makkie.

Sementara itu lembaga penddikan tinggi Univeristas Lambung Mangkurat juga akan terus berinovasi untuk mempertahankan mejadi kampus rujukan di Kalimantan.

“Kita semua terutama dari ULM dan universitas lainnya di Kalimantan juga harus berkontribusi meningkatkan kualitas SDM itu, dan karena waktunya masih panjang ada 4 tahun lagi, cukup bagi kita untuk membenah”, ujar Sutarto Hadi Rektor Universitas Lambung Mangkurat.

Prof. Hadi Rektor (kiri) Universitas Lambung Mangkurat

Resmi dan siap dipindahnya Ibu kota negara ke Kalimantan Timur juga dipastikan tidak mengubah masterplan yang sudah disiapkan, namun mereka akan kembali merencanakan pembangunan sesuai kebutuhan.

Salah satu potensi Kalsel yang akan dibangun adalah pariwisata, serta sektor bisnis terutama menumbuhkan UKM dan UMKM  banua.

 

Reporter : Rahmatillah – Fili Zulkifli

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *