Pemkab Tala Akan Normalisasi Sungai Batilai dan Ranggang

Tanah Laut, DUTA TV Musibah banjir saat hujan deras di wilayah Desa Batilai dan Desa Ranggang kecamatan Takisung bulan lalu disinyalir lantaran terjadi pendangkalan sungai.

Pemerintah kabupaten Tanah Laut pun berencana melakukan rehabilitasi atau normalisasi sungai  untuk mengantisipasi banjir.

Kabid Sumber Daya Air Dinas pekerjaan umum penataan ruang dan pertanahan (DPUPRP) Tanah Laut, Paimun mengatakan, saat ini pihaknya telah melakukan kajian untuk melakukan rehabilitasi di aliran sungai Desa Ranggang dan Desa Batilai.

Rehabilitasi sungai sepanjang delapan kilometer sudah dianggarkan pada APBD tahun 2022.

“Banjir pada bulan November karena curah hujan tinggi. Kita sudah lakukan kajian, diharapkan partisipasi warga agar yang dikerjakan nanti bisa bermanfaat sehingga tidak terjadi banjir lagi. Sesuai DPA yang ada rencana mulai bulan Maret. Kalau 8 kilometer kira-kira enam bulan bisa diselesaikan,”ujarnya.

Dalam satu tahun terakhir pemukiman warga di dua desa ini terdampak banjir sebanyak dua kali setelah diguyur hujan deras. Warga pun berharap perlunya normalisasi sungai guna mengantisipasi terjadinya banjir dari luapan air sungai.

Reporter : Suhardadi

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *