Pemimpin Visioner Diperlukan Untuk Provinsi Kalsel Penyangga IKN

DUTA TV BANJARMASIN – Ditetapkannya Ibu Kota Negara di provinsi Kaltim, mau tidak mau harus menjadi attensi seluruh pihak terutama Ibu Kota provinsi tetangga di wilayah Kalimantan secara umum yang dinilai akan berimbas, baik dari hal positif hingga gempuran arus perubahan disegala sektor.

Solusi persoalan tersebut haruslah disikapi, muaranya tentu dengan sosok kepemimpinan daerah yang dinilai wajib memiliki integritas, serta visioner dalam hal membuat kebijakan strategis, terlebih Kalsel dianggap paling memadai sebagai daerah penyangga Ibu Kota Negara atau IKN.

Pemimpin banua mendatang diharapkan tentu mampu membuat rancangan pembangunan baik jangka pendek, menengah, dan panjang, dan terpenting tidak mengeyampingkan hajat masyarakat banyak.

“Bukan hanya kalsel, namun Kalimantan secara keseluruhan, namun kemudian Kalsel yang terdekat, yang pertama yang harus dipersiapkan seperti apa infrastrukturnya, kemudian investasi, SDM, dan lain sebagainya”, tutur Subhan Syarief pengamat pembangunan.

“Pemimpin adalah yang akan memberikan layanan kepada masyarakat, ini kita mengajak kepada masyarakat dari yang paling bawah, untuk membuka pemikiran dan merubah mindset, bahwa memilih pemimpin yang nantinya berintegritas, kami juga akan kumpulkan tokoh-tokoh dan mendeklarasikan bersama untuk visi misi pemimpin yang visioner, karena menyambut Kalsel provinsi penyangga IKN”, ujar Syahmardian ketua umum Sasangga Banua.

Dalam diskusi ini, juga disampaikan narasumber dosen Antropologi UI Hermansyah dan perwakilan Bappenas Deddy Supriady, yang menilai Kalsel sebagai penyangga IKN tentu harus dimulai dengan kebijakan pimpinan daerahnya yang mampu mensejahterakan masyarakat, tanpa mengindahkan kearifan lokal masyarakat adat yang bisa berbaur dan mengupgrade keahlian agar tidak tergerus dengan maraknya arus demografi yang pasti terjadi.

 

Reporter : Fadli Rizki


Follow Me:


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *