Pelaku UMKM Dikenalkan Digital Payment

Banjarmasin, DUTA TV — Pandemi covid-19 yang berlangsung hampir 2 tahun ini membuat banyak perubahan dalam kehidupan masyarakat. Hal itupun menjadi salah satu fokus Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Kalimantan Selatan Melalui Kantor Pelayanan Pajak Pratama Banjarmasin, dengan menggelar Business Development Service 2 bagi para penggiat UMKM di Banjarmasin.

Dalam kegiatan ini, para pelaku UMKM mendapatkan pengenalan transaksi digital untuk perubahan dan adaptasi di tengah situasi saat ini. Digital payment sendiri merupakan metode pembayaran yang dilakukan melalui teknologi digital untuk mempermudah transaksi secara online. Pasalnya, digital payment secara otomatis langsung memotong tabungan nasabah selaku konsumen ketika melakukan pembelian produk UMKM.

Pembayaran ini telah dilengkapi dengan SSI atau Security Socket Layer yang merupakan sistem keamanan ganda dan penggunaan pin yang hanya diketahui oleh yang bersangkutan, sehingga transaksi yang berjalan dipastikan aman.

“Saya kebetulan di kami memang ada tugas bahwa kami bagaimanapun juga pajak ini tidak hanya melalui sebagai pemungut kedepan sebagai penanam salah satu yang bisa kita tanam adalah UMKM saya melihat disini saya sambungkan antara pengeluaran dan UMKM banyak potensi yang bisa dikembangkan di Banjarmasin dengan UMKM tumbuh roda perekonomian berputar belanja pemerintah jalan sakah satu penopang,” kata Eko Prihariyanto Wibowo, Kepala KPP Pratama Banjarmasin.

“Yang jelas kami dari Pemko terimakasih kepada KPP intinya adalah aplikasi digital pay ini adalah untuk mengakomodir teman-teman UMKM Kalsel khususnya Banjarmasin karena ada anggaran budgeting yang disyaratkan menggunakan aplkasi ini dalam rangka pengadaan barang yang penyedianya UMKM ketika ada dana ratusan milyar tapi UMKM tidak masuk maka UMKM rugi,” ucap Doyo Pudjadi, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemko Banjarmasin.

KPP Pratama Banjarmasin juga menjembatani dan mendorong pengenalan digital payment, untuk kemudahan transaksi antar stakeholder sesuai dengan langkah percepatan digitalisasi pemerintah daerah dalam mendukung program pemulihan ekonomi di masyarakat.

Reporter : Evi Dwi Herliyanti

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Asiah

Uploader.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *