PAS Berbasis Android

Duta TV  Banjarmasin Era digital menuntut banyak perubahan dan penyesuaian termasuk pendidikan. Hal itulah yang mendorong salah satu Madrasyah di Sungai Lulut Kabupaten Banjar  untuk berinovasi saat melaksanakan penilaian akhir semester (PAS), dimana mereka menekan penggunaan kertas dengan merubahnya menjadi sistem ujian berbasis android.

 

Senin (10/12/2018) pagi suasana penilian akhir semeseter di Madrasyah Aliyah sedikit berbeda.

 

Jika biasanya ujian menggunakan kertas dan pulpen, kini peserta ujian akhir semester di Madryasyah ini cukup berbekalkan android milik pribadinya saja.

Soal ujian akhir semester mereka dikerjakan melalui sistem android yang sudah dihubungkan secara offline melalui server utama milik sekolah.

Peserta didik MA Raudhatusyyubban mengaku lebih mudah menggunakan android  kendati kadang-kadang masih terkendala server yang lelet. Namun dengan sistem ini, mereka akan lebih cepat mengetahui nilai masing – masing.

Selain lebih mudah diakses para murid, PAS berbasis android juga dinilai efektif dalam menekan angka biaya yang dikeluarkan sekolah dalam melaksanakan ujian, karena harus meniadakan penggadaan kertas.

 Program pendidikan berbasis android ini adalah program kemajuan pendidikan yang memang disarankan Kementerian Agama untuk diterapkan dalam setiap CBT. Tujuannya untuk mengefesiensikan penggunaan anggaran dalam dunia pendidikan, serta memberikan keleluasaan murid untuk mengetahui kemampuan mereka di setiap mata pelajaran.

 

Reporter : Elsa Pratiwi

 

#UPDATE CORONA KALSEL


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *