Paman Birin : H. Leman Tokoh Panutan Banua

MARABAHAN -  Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor menghadiri Haul ke-4  H Sulaiman HB bin H. Basirun atau familiar disapa H. Leman, di Komplek Kubah Datu Abdussamad, Jl Veteran, Marabahan, Kabupaten Barito Kuala, Kamis (2/5) .

Haul dihadiri para habib alim ulama, Forkopimda, Bupati/ Walikota, tokoh tokoh Banua, Paman Birin sapaan akrab Gubernur Kalsel menyebut sosok almarhum H. Leman adalah salah satu tokoh panutan Banua.

“Almarhum H. Leman adalah sosok tokoh panutan dan turut berjasa bagi kemajuan pembangunan di Kalsel. Mari doakan semoga beliau senantiasa dalam keberkahan Allah,” ucap Gubernur.

Lihat Juga :  Kapolda Hadiri Vaksinasi Covid-19 di Kalsel.

Dikemukakan, sosok H. Leman bukan hanya putera terbaik dari Banua, tetapi juga seorang tokoh yang dihormati dan disegani, baik sebagai  tokoh masyarakat, pengusaha, maupun politisi.

Berdasarkan pantauan, prosesi Haul ke 4 H. Sulaiman HB berlangsung dalam suasana penuh lekeluargaan dan khidmat.

Ribuan jamaah yang berasal tidak saja dari wilayah Kabupaten Barito Kuala tetapi juga dari Banjarmasin dan segenap penjuru daerah di Kalimantan Selatan larut dalam suasana khusyuk saat mengiringi pembacaan doa dan tahlilan serta Salawat Nabi Muhammad SAW

Lihat Juga :  Paman Birin Salurkan Bantuan di Desa Kalampaian

Paman Birin mengatakan, dirinya begitu kagum dengan almarhum.

“Yang paling ulun ingat senyuman terindah ayahnda kepada ulun, senyuman itu adalah waktu beliau mengizinkan ulun berfoto bersama beliau saat Pilkada lalu dan kedua saat ulun membacakan pantun,” paparnya.

 

Pantun yang dilantunkan menurut gubernur tetap teringat sampai saat ini.

“Bunyi pantun  itu saya masih ingat betul, Sungai Jingah Kampung Melayu, Di tengah – tengah  Sungai Martapura, Marilah kita bersatu, untuk membangun banua. Mendengar pantun saya beliau tersenyum,” ujar Gubernur.

“Banyak sekali peran yg beliau berikan, bahkan saat sidin sudah berpulang ke Rahmatullah, masih memberi manfaat bagi masyarakat. Contohnya pedagang asongan dan pedang kaki lima bisa berjualan hingga ke dekat komplek makam almarhum, itu memberikan manfaat dan berkah,” imbuhnya.

Lihat Juga :  Kapolda Hadiri Vaksinasi Covid-19 di Kalsel.

Turut berhadir Bupati Barito Kuala Hj Normiliani Hasanudin Murad, Habib Syech Bin Abdul Qodir Assegaf, Habib Ali Zainal Abidin, Habib Fahmi Al-Muhdor, Habib Muhammad Al-Habsy, Guru KH. Ahmad Zuhdiannor, Guru KH. Syarifuddin Zuhri, Guru KH. Asqalani, LC. Guru KH. Ahmad Sanusi alias guru Jaro.

 

Sumber : Humas Pemprov Kalsel


Uploader.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *