Masjid Al Abrar Kandangan Simpan Mushaf Al Quran Berukuran Jumbo

Kandangan, DUTA TV — Masjid Al Abrar yang terletak di Desa Gambah Luar Kecamatan Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan, tidak hanya dikenal dengan nila sejarahnya, namun juga berbagai hal unik yang terdapat di dalamnya.

Masjid ini sebelumnya hanya sebuah musholla yang dibangun pada tahun 1878 masehi. Beberapa kali menjalani renovasi, akhirnya tempat ibadah ini pun resmi menjadi masjid pada tahun 1911 yang dikenal masyarakat hingga saat ini.

Alquran besar di salah satu Masjid Kandangan. (Foto : duta tv)

Uniknya masjid yang terletak tepat di ruas jalan nasional ini memiliki koleksi – koleksi bersejarah di dalamnya, yakni berupa mushaf Al Quran berbagai ukuran, dari yang paling kecil 2×4 centimeter hingga berukuran jumbo 111 x 90 centimeter.

Sedikitnya ada dua buah mushaf Al Quran berukuran jumbo yang ditulis oleh Haji Yuseri Fauzi yang juga sebagai ketua pengurus masjid setempat yang kini karyanya menjadi daya tarik bagi jamaah dari berbagai wilayah.

“bahwa masjid Al Abrar Gambah Luar ini asal mulanya didirikan tahun 1911 kalau dari awalnya merupakan langar kemudian di jadikan masjid dan di masjid ini ada 2 buah Al Qur’an berukuran besar yang pertama ditulis tahun 2015 sampai 2017 kemudian yang keduadi tulis tahun 2017 sampai 2019 dan yang terakhir ini diresmikan oleh habib dari Yaman”, Kata Ketua Pengurus Masjid Al Abrar Gambah Luar H Yuseri Fauzi

Tidak hanya koleksi mushaf Al Quran, masjid Al Abrar juga tetap mempertahankan beberapa keaslian bangunannya, yakni seperti bagian dinding dan jendela kaca, plafon serta bentuk menara masjid yang tidak pernah dirubah hingga saat ini.

Reporter : Muhammad Irfansyah

Redaksi

Editor & Uploader

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *