Masih Bahas PPPK, Kotabaru Belum Buka Seleksi CASN

Kotabaru, DUTA TV — Pendaftaran seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) telah dimulai secara serentak pada 30 Juni lalu.

Namun hingga saat ini pemerintah kabupaten Kotabaru tak kunjung mengumumkan formasi maupun membuka pendaftaran.

Soal ini Sekretaris Daerah Kotabaru Said Akhmad mengatakan pelaksanaan seleksi masih menunggu hasil pembahasan dengan legislative. Pembahasan berkaitan dengan hal teknis penggunaan anggaran pendapatan dan belanja daerah untuk pembiayaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja.

Lihat Juga :  5 Juta Orang Diprediksi Ikutan CPNS-PPPK 2021 Hari Ini

Sesuai undang-undang ASN, gaji PPPK (P3K) yang setara pegawai negeri sipil dibebankan ke APBD. Namun dengan besarnya jumlah P3K yang harus direkrut, dikhawatirkan keuangan daerah menjadi tidak sehat.

Pasalnya APBD akan lebih banyak tersedot untuk belanja pegawai daripada belanja untuk pembangunan.

“Karena ini berkaitan anggaran, Pemda menyampaikan ke DPRD masalah ini bagaimana selanjutnya. Yang jelas kalau diminta 1.500 APBD kita jadi tidak sehat. Kita sudah menyurati DPRD berkaitan dengan  hal teknis penggunaan APBD ini, nanti kita tunggu jawabannya,”ujarnya.

Lihat Juga :  5 Juta Orang Diprediksi Ikutan CPNS-PPPK 2021 Hari Ini

Pada seleksi CASN tahun 2021, kabupaten Kotabaru mendapat 127 formasi CPNS dan 1.500 formasi P3K khusus guru. Sebelumnya pemkab Kotabaru meminta ke pemerintah Pusat agar rekrutmen P3K bisa dilakukan bertahap sesuai kemampuan keuangan daerah.

Untuk pembiayaan 1500 P3K anggaran yang harus dialokasikan diperkirakan mencapai Rp 100 miliar lebih per tahun.

Lihat Juga :  5 Juta Orang Diprediksi Ikutan CPNS-PPPK 2021 Hari Ini

 

Reporter : Nazat Fitriah

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *