Makna Motif Uang Pecahan Rp75 Ribu Edisi Khusus Kemerdekaan

 

DUTA TV –  Bank Indonesia menerbitkan uang pecahan khusus untuk memperingati hari kemerdekan ke-75 Tahun Republik Indonesia. Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo menjelaskan makna tersendiri dari setiap motif yang terdapat pada uang baru pecahan 75 ribu rupiah. Setiap motif mengandung makna nasionalisme.

Uang khusus peringatan hari kemerdekaan ini menampilkan sosok proklamator Ir Soekarno dan Mohammad Hatta. Bagian muka uang juga menampilkan keberhasilan pembangunan, berupa jembatan Youtefa yang berada di bagian timur Indonesia, tepatnya di Jayapura, Papua.

Tema dan makna filosofis dari uang peringatan hari kemerdekaan ke-75 tahun Republik Indonesia adalah mensyukuri kebhinekaan, memperteguh kebhinekaan dan menyongsong masa depan,

“Uang teknologi ini sudah dipasang pengaman terbaru dan kertas yang tahan lama. Kini uang sudah dikenali keasliannya aman di unakan dan lebih sulit dipalsukan,”kata Perry,  Senin (17/08).

Pada bagian belakang menampilkan anak-anak Indonesia yang mengenakan beragam pakaian adat. Pakaian adat yang ditampilkan mewakili wilayah Indonesia bagian barat, bagian tengah dan bagian timur. Pada bagian belakang juga terdapat gambar satelit berwarna merah dan putih dan peta Indonesia berwarna emas.

 

Sumber : antaranews.com

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *