Pemerintahan

Lurah Takut Gunakan Dana Kelurahan

DUTA TV BANJARMASIN – Program dana kelurahan yang baru dilaksanakan pada tahun ini oleh pemerintah pusat ternyata belum dimanfaatkan dengan baik oleh sebagian besar lurah di kota Banjarmasin.

Hal itu terbukti dihingga penghujung tahun 2019, baru terserap kurang lebih 20 persen dari total Rp19 miliar.

Angka Rp19 miliar yang peruntukan di 52 kelurahan di kota Banjarmasin itu hanya cair separuhnya saja, lantaran pada tahap pertama hampir semua kelurahan tidak menggunakan anggaran tersebut, hingga akhirnya pencairan tahap kedua tidak bisa dilakukan oleh pemerintah pusat.

Menurut lurah Tanjung Pagar, Aina, dirinya saat ini terkendala dengan peraturan dan administrasi untuk melakukan pelaksanaan penggunaan dana kelurahan tersebut. meskipun sudah ada perwali yang mengatur hal tersebut.

“Setiap Kelurahan dianggarkan Rp370 juta nah sebenarnya kalau dipakai itu bisa habis, bisa habis seandainya administrasinya lengkap, nunggu SK dulu dari wali kota”, ucap Aina lurah Tanjung Pagar.

Hingga Awal Oktober, Dana Kelurahan Baru Terserap Rp 2 M

Sementara itu disinggung soal ini, Badan Keuangan Daerah kota Banjarmasin tetap optimis anggaran yang sudah disediakan oleh pemerintah pusat tersebut bisa terserap semuanya ditingkat kelurahan.

Sebelumnya anggaran dana untuk kelurahan dari pemerintah pusat diketahui mencapai Rp18 miliar  lebih atau Rp370 juta untuk satu kelurahan, namun hingga pertengahan tahun 2019 ini penggunaan anggaran tersebut masih belum maksimal digunakan oleh pihak kelurahan di kota seribu sungai.

 

Reporter : Zein Pahlevi – Nina Megasari


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *