LSM Pertanyakan Status Calon Gubernur, KPU Kalsel : “Tersangka”

Banjarmasin, DUTA TVPuluhan masa dari gabungan LSM di Kalsel menggelar aksi demo di halaman kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Selatan, Kamis pagi (01/04/2021).

Kedatangan mereka untuk mempertanyakan kejelasan status calon Gubernur 02, Denny Indrayana, yang saat mendaftar pada pemilihan Gubernur Kalsel, disebutkan bersatus sebagai tersangka.

Ketua LSM Forpeban Kalsel, Din Jaya menilai selama ini KPU terkesan tidak terbuka dengan status calon yang mengikuti kontestasi pemilihan Gubernur, sehingga menghadirkan banyak tanya ditengah masyarakat.

Lihat Juga :  Warga Sayangkan Insiden Dugaan Penganiayaan Oleh Pendukung Denny Indrayana, Terlebih di Lingkungan Masjid

Sementara KPU Kalsel membenarkan, jika dalam surat keterangan catatan kepolisiannya atau SKCK, status calon Gubernur 02, Denny Indrayana, memang berstatus sebagai tersangka.

Diketahui status tersangka  calon Gubernur Kalimantan Selatan, Denny Indrayana, terkait tindak pidana korupsi payment gateway di imigrasi Kemenkumham RI. Status disandangnya, saat ia menjabat sebagai wakil Menteri Hukum dan HAM yang diperkarakan pada 2014-2015 lalu.

Lihat Juga :  Bawaslu tegaskan Bagi Sembako di Lokasi non PSU Tak Langgar Aturan

Namun secara aturan, tidak disebutkan adanya larangan bagi mereka yang menyandang status tersangka untuk maju sebagai calon kepala daerah.

Tim Liputan

Redha Aulia R


Uploader.
Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *