Kotabaru Tetapkan Tanggap Darurat Wabah Corona

DUTA TV KOTABARUPemerintah kabupaten Kotabaru menggelar rapat koordinasi terkait penanganan pandemik Covid-19 bersama forum komunikasi pimpinan daerah dan pihak terkait, Senin siang (24/03/2020).

Dalam rapat ini ditetapkan kabupaten Kotabaru status tanggap darurat bencana Covid-19 atau Virus Corona. Penetapan ini disusul dengan pembentukan Gugus Tugas serta sejumlah rencana kegiatan, diantaranya melarang kegiatan yang melibatkan orang banyak, termasuk kegiatan keagamaan yang bersifat peringatan.

Kemudian kegiatan belajar mengajar di sekolah juga diliburkan dan tempat-tempat wisata maupun hiburan ditutup. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat lebih banyak berada di rumah demi menekan laju penyebaran penyakit yang telah menjadi wabah global ini.

Selain itu pemkab Kotabaru meniadakan rutinitas apel, Coffee Morning, serta rapat-rapat dengan banyak peserta diganti dengan koordinasi melalui grup percakapan Whatsapp.

“Tadi juga kesepakatan dengan pihak keamanan akan melakukan tindakan-tindakan di lapangan kalau masih ada aktivitas termasuk perkumpulan orang banyak, pihak keamanan akan membubarkan supaya masyarakat kita lebih banyak di rumah,” kata Said Akhmad, sekretaris daerah Kotabaru.

Disisi lain pemkab kotabaru juga akan menyiapkan anggaran untuk penangangan pandemik Covid-19, dengan merevisi anggaran yang telah ditetapkan sebelumnya di APBD 2020. Namun nominalnya masih dalam pembahasan yang akan disesuaikan dengan kebutuhan.


Reporter : Nazat Fitriah

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *