Kotabaru Bentuk Relawan Lawan Covid-19 di Seluruh Desa

DUTA TV KOTABARU – Relawan lawan Covid-19 dibentuk di seluruh desa di kabupaten Kotabaru.

Pembentukan tim relawan ini, merupakan instruksi bupati Kotabaru Sayed Jafar.

Dalam pengarahan terkait pencegahan dan penanganan Covid-19 kepada camat se-kabupaten Kotabaru melalui video conference, Senin (20/04/2020), bupati sayed jafar menjelaskan tugas-tugas relawan tersebut.

Antara lain melakukan edukasi tentang Covid-19 kepada masyarakat, mendata penduduk rentan seperti lansia dan balita, mendata masyarakat yang terdampak secara ekonomi untuk diberikan bantuan langsung tunai, melakukan desinfeksi dan menyediakan sarana cuci tangan di tempat umum, hingga memastikan tidak ada kegiatan warga berkumpul atau kerumunan banyak orang.

Tak hanya itu tim relawan juga bertugas melakukan deteksi dini penyebaran Covid-19, dengan memantau pergerakan masyarakat yang keluar masuk desa setempat.

“Mencatat tamu yang masuk ke desa, keluar masuk warga desa ke daerah lain, mendata warga desa yang baru datang dari rantau seperti buruh migran atau warga yang bekerja di kota besar,” ujar Sayed Jafar Al Idrus.

Relawan desa lawan Covid ini juga bertugas menangani warga terdampak Covid-19 bekerja sama dengan Puskesmas, menyiapkan ruang isolasi, serta membantu logistik warga yang diisolasi.

Untuk mendukung kegiatan tim relawan, pemerintah desa diminta segera melakukan pergeseran anggaran melalui perubahan anggaran pendapatan dan belanja desa untuk menganggarkan pencegahan dan penanganan Covid-19 masing-masing desa, serta anggaran untuk BLT bagi masyarakat yang terdampak secara ekonomi.

 

Reporter : Nazat Fitriah

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *