Kok Air PDAM Masih Keruh ?

Banjarmasin, DUTA TV — Warga Banjarmasin mengeluhkan kualitas distribusi air PDAM. Air yang sampai ke pemukiman tidak lancar mengalir. Keluhan lain juga mengemuka karena kualitas air keruh.

Salah seorang warga Jalan Sultan Ada, Hamran mengatakan kondisi ini sudah terjadi sejak beberapa hari terakhir, khususnya pada pagi dan sore hari. Iapun bingung harus mengadu kemana agar kualitas layanan kembali normal.

Lihat Juga :  PDAM Bandarmasih Akui Kapasitas Penampungan Limbah Overkapasitas

“Banyak keluhan wilayah Sultan Adam, air keruh. Rumah saya sendiri juga keruh di penampungan. Kita lapor katanya ada perbaikan, biasa pagi terjadi. Mudahan layanan kedepan tambah baik,”harapnya.

Menurunnya kualitas dan distribusi air bersih ke pelanggan tidak ditampik oleh Manajer Produksi & Distribusi PDAM Bandarmasih, Walino. Dijelaskannya, penurunan kualitas distribusi air bersih ke tingkat pelanggan karena kondisi pengolahan air baku mengalami kekeruhan yang ekstrim, sehingga perlu solusi ekstra untuk memaksimalkan layanan.

Lihat Juga :  Perubahan Status PDAM Bandarmasih Masih Terganjal Permodalan

“Turnility kekeruhan air baku pengolahan kita maksimal bisa olah 250 NTU ( / satuan kekeruhan air), kekeruhan air baku dari Sungai Tabuk yang  kita terima itu sampai 1000 NTU. Diatas kemampuan instalasi kita. Dengan kondisi air keruh ekstrim, tentu mengalami biaya dua kali lipat, kualitas belum memuaskan namun tetap sesuai kemenkes, yakni 5 ntau, kalo normal kita biasa 1,5 sampai 2 ntu,”jelasnya.

Lihat Juga :  PDAM Bandarmasih Naikan Biaya Tarif Pemeliharaan Meter Perbulan

Untuk meningkatkan kualitas layanan, pihaknya tetap berupaya dengan menambah bahan kimia meskipun tetap berpengaruh terhadap jumlah debit air dan distribusi.

 

Reporter : Fadli Rizki

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *