Ketua Komisi I Minta Ada Pemetaan Pelaku UMKM

Banjarmasin, DUTA TV — Ketua Komisi I DPRD Kalsel Hj. Rachmah Norlias, meminta ada pemetaan pelaku UMKM dari pemerintah kabupaten kota.

Pemetaan itu agar pemerintah mengetahui, persoalan apa saja yang kerap menjadi kendala pelaku UMKM dalam menjalankan usahanya. Pasalnya, dalam resesnya bersama para pelaku UMKM, banyak keluhan yang dijaring wakil rakyat di rumah banjar ini, diantaranya kendala permodalan, pengemasan hingga pemasaran.

Menurut politisi PAN ini, persoalan ini wajib bisa dipetakan agar pemerintah bisa menindaklanjuti dan mencari solusi guna meningkatkan daya saing dari produk usaha mereka.

“Hari ini kita melaksanakan reses hari keenam dengan peserta pelaku UMKM dan komunitas yang ada di Banjarmasin beberaa hal yang didapatkan untuk UMKM permasalahan adalah pemodalan SDM pemasaran dan kemasan jadi yang diharapkan agar ada pelatihan untuk kemasan supaya hasilnya lebih meningkat dan bisa dipasarkan ke luar daerah sama-sama kita perlu pembinaan lebih dalam lintas sektor duduk satu meja UMKM kan bukan hanya koperasi ada juga disperindag tenaga kerja dan harus ada pemetaan UMKM jadi tahu apa saja pemasalahan UMKM,” kata Hj Rachmah Norlias, Anggota DPRD Kalsel.

Reses yang dilaksanakan di rumah alam Sungai Andai Banjarmasin Utara ini, diselingi dengan pelatihan keterampilan membuat ikan samu dan ikan wadi, yang pelatihnya didatangkan langsung dari kabupaten Tapin. Selain itu, reses juga menampilkan produk dari pelaku UMKM Banjarmasin berupa makanan khas banjar seperti apam dan lupis.

Reporter : Evi Dwi Herliyanti

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Asiah

Uploader.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *