Kenali Manajemen Kesan Yuk

Tahukah kalian, kesan pertama seseorang itu juga sekaligus kesan terakhir seseorang dalam pandangan/persepsi orang lain? Dalam ilmu psikologi, 7 detik pertama dalam kesan pertama bertemu/interaksi dengan orang lain akan muncul sebelas persepsi yang menjadi gambaran bagaimana diri kita.

First Impression atau kesan pertama sangat mempengaruhi gambaran kepribadian seseorang, baik dari segi penampilan, sikap maupun kemampuan kita dalam bersosialisasi. Banyak faktor yang mempengaruhi dalam membangun kesan pertama, sebelum terbentuknya Personal Brading seseorang sesuai dengan apa yang diinginkannya.

Kalian sudah tahu apa saja faktor yang mempengaruhinya ? Manajemen kesan adalah usaha seseorang untuk menampilkan kesan pertama yang disukai pada orang lain. Manajemen kesan memiliki manfaat yaitu orang yang menunjukkan manajemen kesan yang baik mendapat keuntungan dalam berbagai situasi.

Faktor yang mempengaruhi kesan pertama, beberapa diantaranya :

  1. Cara Berpakaian.
  2.  Ekspresi.
  3. Performa (cara berdiri, bersalaman, duduk).
  4. Kontak Mata
  5. Nada suara.
  6. Gesture/ Bahasa Tubuh.

 

Jadi, kepribadian diri kita tergambar dari apa yang kita tampilkan secara sadar maupun tidak. Apabila hal tersebut dilakukan secara berulang dalam waktu yang lama, maka akan berubah menjadi sebuah karakter dan Personal Branding kalian.

Yuk mulai kenali dan bentuk manajemen kesan masing-masing.

 

Penulis: Gusti Muhammad Hermawan
IG: @gustimuhammadhermawan

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *