Kasus COVID-19 Pasca Lebaran ini Lebih Tinggi dari Tahun Lalu

Jakarta, DUTA TV — Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito mengungkapkan kenaikan kasus COVID-19 minggu ke-empat pasca Idul Fitri pada tahun ini tercatat lebih tinggi jika dibandingkan minggu ke-empat setelah lebaran tahun 2020.

“Setelah disandingkan pada minggu ke-4, ternyata kenaikan kasus pasca Idul Fitri pada tahun ini secara nasional, mengalami kenaikan yang lebih tinggi yaitu mencapai 112,22 persen. Sedangkan kenaikan kasus pada tahun 2020 adalah sebesar 93,11 persen,” ujar Wiku dalam telekonferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (17/6).

Lihat Juga :  Banyak yang Terciduk Tak Bermasker di Pasar Hewan Pelaihari

Kenaikan kasus corona pada minggu ketiga pasca Idul Fitri tahun ini mencapai 50 persen, lebih rendah jika dibandingkan pada tahun lalu yang naik sekitar 80 persen. Namun, jika dilihat dari signifikansi kenaikan kasus positif setelah lebaran ternyata lebih tinggi pada tahun 2020. Pada tahun lalu, ujar Wiku Jawa Tengah mengalami kenaikan kasus hingga 758 persen, sedangkan pada 2021 mencapai 281 persen.

Lihat Juga :  Bupati Penajam : Mau Corona Hitam Atau Ungu, Saya Nggak Urusi Lagi !

Wiku menjelaskan meskipun persentase kenaikan kasus di tingkat provinsi tidak mengalami kenaikan sebesar tahun lalu, namun terjadi kenaikan kasus dalam rentang waktu yang cukup singkat di beberapa kabupaten/kota pada minggu lalu, seperti Bangkalan, pati, Kudus, Jepara, Bandung dan kota Cimahi.

Dengan adanya fenomena ini, ia menekankan bahwa situasi penanganan pandemi tidak bisa dinilai hanya di tingkat provinsi saja, namun perlu dilihat sampai ke tingkat kabupaten/kota dan harus segera ditangani dengan baik, agar tidak menambah kasus positif secara nasional.

Lihat Juga :  Tempat Tidur RSUD Sultan Suriansyah Penuh, Sebagian di IGD

Pada kesempatan ini, Wiku menjelaskan bahwa pemerintah memiliki strategi untuk melandaikan kurva kasus COVID-19 dengan upaya preventif dan kolektif.(voa)

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *