Karhutla Sosial

Karhutla Bisa Sebabkan Gangguan Investasi

DUTA TV BANJARBARU –  Ditandai dengan penyemprotan air oleh Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor (Paman Birin), In House Training yang dilaksanakan Satpol PP dan Damkar Provinsi Kalimantan Selatan resmi ditutup, Rabu (30/10) pagi.

Paman Birin dalam sambutanya mengatakan, hampir setiap musim kemarau tiba, kebakaran hutan dan lahan menjadi masalah yang menyita energi sehingga menjadi perhatian serius Pemprov Kalsel.

“Bagaimanapun caranya, pengendalian kebakaran lahan, hutan dan permukiman harus kita upayakan semaksimal mungkin. Bila kita biarkan, dampaknya bukan hanya menimbulkan kerugian harta benda, tetapi juga permasalahan lingkungan, mengakibatkan gangguan kesehatan dan hambatan jalur transportasi, dan bahkan bisa mengganggu investasi,” ucap Paman Birin.

Pencegahan kebakaran hutan dan lahan serta permukiman, menurut Paman Birin semestinya harus direncanakan dengan baik, sehingga bisa  dikendalikan sedini mungkin.

Hal penting lainnya yang perlu dilakukan dalam mencegah dan menanggulangi kebakaran adalah peran serta masyarakat. Peran masyarakat ini tidak muncul begitu saja.

Gubernur mengharapkan adanya pendekatan dan komunikasi yang baik, sehingga terbangun suatu pemahaman yang sama terhadap pencegahan dan penanggulangan kebakaran.

 

Tim Liputan


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *