Kalsel Sebagai Pilot Project Akses Informasi Arsip Berbasis Sistem

Banjarmasin, DUTA TV — Kalimantan Selatan ditetapkan sebagai salah satu daerah pilot project penerapan Sistem Informasi Kearsipan Nasional di Yogyakarta belum lama tadi.

Tantangan ini pun langsung dijawab dengan menerapkannya bersama 13 lembaga kearsipan daerah, lewat bimbingan teknis.

SIKN dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional ini dianggap sebagai salah satu upaya memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk dapat mengakses informasi arsip melalui sistem.

Pada bimbingan teknis yang digelar Selasa pagi, Dispersip Kalsel selaku leading sektor turut menghadirkan ketua tim pengembangan layanan konten SIKN dan JIKN pusat, Anak Agung Gede Sumardika.

“Dengan adanya kami mengundang narasumber dari arsip nasional, mengharapkan SIKN dan JIKN Kalsel bisa berjalan sebagaimana mestinya,” kata Nurliani Dardie, Kadispersip Kalsel.

Kalau kementerian lembaga itu baru arsip dinamis. Jadi, di LKD ini input materi ke SIKN, kami di Jakarta yang mengelola JIKNnya,” tutur Anak Agung Gede Sumardika

Selanjutnya, masyarakat yang mengakses arsip yang diinput melalui JIKN, kegiatan ini sedikitnya diikuti oleh 73 peserta yang terdiri dari kepala dinas hingga admin di 13 lembaga kearsipan daerah, kabupaten, dan kota di provinsi Kalsel.

Reporter : Nina Megasari

Asiah

Uploader.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *