Jaruk Tigarun, Lalapan Ala Urang Banjar Yang Semakin Langka

Pernahkah Anda memakan sayur khas Kalimantan Selatan yang bernama Sayur Tigarun atau Jaruk Tigarun?

Kalau belum, ini saat yang tepat bagi Anda yang ingin mencoba rasa unik dari si Jaruk Tigarun karena saat sekarang ini penganan musiman  tersebut sedang dijual di pasaran, walaupun pedagang Jaruk Tigarun ini dapat dihitung dengan jari.

Sayur yang berbahan utama, daun, batang dan bunga tanaman yang bernama Tigarun ini memang tergolong makanan yang sangat langka, sehingga untuk menemukan makanan ini, Anda harus memerlukan usaha ekstra.

Tigarun pada umumnya tumbuh di  perkampungan warga yang berada di Kalimantan Selatan. Namun tidak semua Tigarun bisa dijaruk, hanya yang bunganya mekar sajalah yang bisa dipetik dan diolah menjadi penganan yang memiliki rasa unik ini.

Harga Jaruk Tigarun di pasaran berkisar di harga Rp5.000- Rp7.000, cukup terjangkau sekali untuk memuaskan hasrat Anda untuk mencoba makanan yang satu ini.  Anda bisa mencoba membeli Jaruk Tigarun ini di banyak pasar tradisional di Kalimantan Selatan, beberapa di antaranya seperti pasar tradisional yang ada di Banjarmasin, yakni Pasar Lama, Pasar Sungai Lulut, Pasar Terapung, dll.

Jika Anda tidak menemukan makanan ini di pasar, namun Anda bisa menemukan bahan mentahnya saja atau Tanaman Tigarun tersebut, Anda bisa membuat Jaruk Tigarun ini di rumah. Caranya mudah sekali, Anda cuci bersih Sayur Bunga Tigarunnya, lalu Anda rendam dengan air hangat, untuk menambah rasa nikmat Jaruk Tigarun, Anda harus merendamnya selama beberapa hari, karena proses perendamannya yang lama itulah, urang Banjar sering menyebutnya dengan proses dijaruk. Makin lama direndam, maka rasa Jaruk Tigarun akan semakin nikmat. Ketika Anda mau memakan Jaruk Tigarun ini, Anda bisa menambahkan sedikit garam untuk menambah rasa dan Jaruk Tigarun Anda siap untuk disantap bersama nasi hangat, sambal terasi khas Banjar, dan lauk favorit Anda.Yummy.

 

Muhammad Akbar Farhani

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *