Jalan Ruas Kandangan-Loksado Amblas

Kab. Hulu Sungai Selatan, DUTA TVAktivitas lalu lintas di kawasan pegunungan Meratus, tepatnya di jalan nasional Brigjend Haji Hasan Basry atau ruas jalan Kandangan-Loksado kilometer 14, desa Mawangi kecamatan Padang Batung, kabupaten Hulu Sungai Selatan, terganggu.

Hal itu dikarenakan adanya penurunan kontruksi tanah yang mengakibatkan retakan sepanjang lebih dari 10 meter, sehingga membuat pengendara harus ekstra hati-hati saat melintas.

Sementara itu jalan utama menuju Loksado yang berada di bibir tebing pegunungan, sebelumnya sempat tertutup karena longsoran tanah, saat terjadinya hujan sebelum akhirnya ikut amblas.

“Terjadinya kemungkinan besar itu setelah hujan labat yang terjadi pada malam Sabtu, dan setelah itu kemudian malam Senin, baru ketahuan ada yang menyampaikan kepada kita warga masyarakat kita di sana, bahwa jalan yang baru diaspal runtuh, dan longsor kembali, cuma itu sangat mengkhawatirkan, kalaunya ditambah dengan hujan lebat lagi, mau tidak mau itu akan bertambah lagi longsornya,” jelas Djaun Umar, kepala desa Mawangi.

Jalan yang baru dilakukan pengaspalan ini sendiri diketahui sudah tiga kali mengalami penurunan kontruksi tanah. hal itu dikarenakan lemahnya lapisan tanah sehingga saat diguyur hujan dengan intensitas tinggi mengakibatkan gerusan dibawahnya.

Reporter : Muhammad Irfansyah

Redha Aulia R


Uploader.
Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *