IPA Sungai Raya Siap Layani 4000 Pelanggan Air Bersih

DUTA TV HSS – Instalasi Pengolahan Air atau IPA Sungai Raya milik PDAM Hulu Sungai Selatan yang baru beroperasi, siap memenuhi kebutuhan air bersih di Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Di mana IPA Sungai Raya diketahui mampu mengaliri sebanyak 4000 pelanggan.

Pasokan air bersih di Kabupaten Hulu Sungai Selatan semakin meningkat pasca dioperasikannya Instalasi Pengolahan Air atau IPA sungai raya milik PDAM Hulu Sungai Selatan beberapa waktu lalu.

IPA Sungai Raya yang memproduksi air bersih berkapasitas 300 liter perdetik ini sendiri, diperkirakan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat di beberapa kecamatan sebanyak 4000 pelanggan.

Lihat Juga :  PDAM Intan Banjar Berbagi Kurban Dengan Warga Sekitar Instalasi

Dengan adanya Instalasi Pengolahan Air yang baru ini diharapkan dapat membantu kebutuhan masyarakat akan ketersediaan air bersih. Hingga kini IPA Sungai Raya yang berkapasitas 300 liter perdetik sendiri baru digunakan sebanyak 50 liter perdetiknya untuk pendistribusian kepada 2000 pelanggan yang sudah ada.

“Inikan kapasitasnya 300 liter perdetik yang baru kita gunakan 50 jadi Insya Allah kita akan perkuat lagi ke depan sehingga distribusi air lebih banyak dari sini seperti Kandangan dan sekarang Sungai Raya, Simpur sudah dan Sebagian Kandangan, kita lihat tadi ternyata sumber air sudah bersih secara ekonomi biaya produksi berkurang kalau di muara hanya karena masih di sungai mengambilnya kadang-kadang keruh kalau di sini sumber airnya tidak keruh kecuali hujan mudah-mudahan di atas bendungan tidak ada kegiatan yang bisa membuat air kita keruh mudah-mudahan ini upaya kita memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan kita di Hulu Sungai Selatan dan tidak mustahil suatu saat kita bisa mengaliri sampai ke Tapin,” terang Achmad Fikry, Bupati Hulu Sungai Selatan.

Lihat Juga :  PDAM Intan Banjar Berbagi Kurban Dengan Warga Sekitar Instalasi

“Alhamdulillah kita hari ini bisa melaksanakan, pengoperasianya lancar dan sudah sekitar seminggu ini kita menjalankan operasi onal ini mudah-mudahan nanti bisa berjalan lancar dan aman untuk kualitas airnya di sini airnya lebih bersih, lebih jernih karena jadi untuk pengolahannya kami sangat sedikit memerlukan biaya bahan kimia dan lain lainnya jadi sangat menguntungkan bagi kami mungkin kalau ada penambahan kami lebih jadikan BNA nantinya di sini,” ujar Arief Budiman, Direktur PDAM Hulu Sungai Selatan.

Lihat Juga :  PDAM Intan Banjar Berbagi Kurban Dengan Warga Sekitar Instalasi

IPA Sungai Raya ini digadang memiliki kualitas yang lebih baik dari IPA lainnya, hal itu dikarenakan pengambilan sumber airnya lebih bersih yakni di Bendungan Amandit, sehingga biaya operasional dan waktu pengolahannya lebih efisien.

Reporter: Muhammad Irfansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *