Indeks Korupsi 2017, Indonesia Peringkat 96 dari 180 Negara

DUTA TV BANJARMASIN – Dari data 2017, Indonesia menduduki peringkat ke 96 dari 180 negara terkorup. Data tersebut disampaikan Budi Santoso selaku Penasehat Komisi Pemberantasan Korupsi yang hadir dalam acara Coffe Morning dan Customs Awards yang digelar oleh Kantor Pengawasan Dan Pelayanan Bea Dan Cukai Tipe Madya Pabean B (KPPBC TMP B) Banjarmasin, Kamis (24/01) siang.

Sementara untuk negara paling sedikit terjadi korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) ditempati negara Selandia Baru yang menduduki peringkat pertama dengan nilai 89. Sedangkan negara terkorup dan peringkat terbawah adalah negara Somalia dengan poin 9.

“Per 2017, Indonesia mendapat angka 37 sedangkan New Zeland yang sudah begitu perfect dapat 89. Kita masih di jajaran menengah ke bawah,”ungkap Penasehat KPK, Budi Santoso.

Menanggapi hal ini, Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina dan Kepala KPPBC TMP B Banjarmasin dan Firman Sane Hanafiah  mengatakan pihaknya saat ini terus memberikan layanan terbaik kepada masyarakat, dan berkomitmen untuk melakukan pemberantasan tindak pidana korupsi di jajarannya.

“Kita juga berkomitmen, Pemerintah Kota untuk menekan korupsi dengan memberikan kemudahan layanan,”kata Ibnu.

“Selama ini kita juga memberikan layanan  online utk menghindari ketemu langsung,”jelas Kepala KPPBC TMP B Banjarmasin, Firman Sane Hanafiah.

Kantor KPPBC TMP B Banjarmasin  saat ini sedang melaksanakan program pencanangan dan pembangunan zona integritas dengan melakukan penandatangan plakat oleh berbagai pihak, termasuk pengguna jasa maupun aparat pemerintah terkait untuk menghindarkan pelayanan jasa dan unsur KKN di dalamnya.

 

Reporter : Mawardi


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *