Hasil Panen Padi di Poktan Sumber Bahagia Tak Pernah Merugi

Kab. Hulu Sungai Selatan, DUTA TVSebagai bentuk rasa syukur atas capaian hasil panen meraka, Kelompok Tani Sumber Bahagia, Desa Hamayung Utara, kecamatan Daha Utara, kabupaten Hulu Sungai Selatan, menggelar syukuran panen raya padi rawa di lahan Serasi.

Setiap tahunnya, hasil panen budidaya padi rawa di lahan serasimilik Kelompok Tani Sumber Bahagia, Desa Hamayung Utara, kecamatan Daha Utara, kabupaten Hulu Sungai Selatan, terus mengalami peningkatan.

Syukuran panen raya kali ini juga turut dihadiri oleh bupati Achmad Fikry yang sekaligus meninjau keberhasilan para petani.

Keberhasilan pengembangan budidaya padi rawa ini, dirasakan masyarakat sejak awal penggarapannya yakni pada tahun 2016 lalu, bahkan hingga kini hasilnya terus meningkat setiap tahunnya dan tidak pernah mengalami kegagalan.

“Jadi begini, kalau masalah tanaman kami untuk di desa Hamayung Utara, artinya untuk di Serasi atau dipercetakan ini sebanyak 100 hektar yang dibagi 2 kelompok dan satu kelompoknya 50 hektar, jadi mulai pembukaan serasi atau percetakan ini 2016 sampai sekarang ini kada pernah lagi gagal,” kata Nordin, ketua Poktan Sumber Bahagia Desa Hamayung Utara.

“Alhamdulillah kita hari ini memenuhi undangan dari kelompok tani untuk panen raya di lahan yang dulu cetak sawah, dan ini nanti hasilnya belum kita lihat berapa, dari pembinaan nanti paling tidak kita lihat dari hamparan yang sangat luas ini ditanam oleh petani, dan mudah-mudahan dengan program cetak sawah dimanfaatkan petani, lahannya ini bisa mensejahterakan petani kita,” ucap Achmad Fikry.

Dari 100 hektare lahan yang digarap, satu hektarnya petani mampu menghasilkan sebanyak empat ton padi, yang mana hasil tersebut diperkirakan akan bertambah seiring adanya alat mesin panen combine yang diberikan oleh pemerintah setempat.


Reporter : Muhammad Irfansyah

Redha Aulia R


Uploader.
Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *