Harga Hewan Kurban Mahal, Pedagang Keluhkan Sepi Pembeli

DUTA TV BANJARMASIN – Pedagang hewan kurban di kawasan RK Ilir mengeluhkan harga sapi dan kambing yang naik jelang Idul Adha 1440 hijriah. Pasalnya naiknya harga hewan kurban itu mempengaruhi tingkat penjualan.

Bahkan sejumlah pedagang mengaku pesanan hewan kurban dagangan mereka pada tahun ini berkurang. Untuk harga sapi dari yang biasanya Rp58.000,- perkilo kini menjadi Rp59.000,- perkilo, sedangkan harga kambing juga mengalami kenaikan dari harga Rp2.000.000,- menjadi Rp2.300.000,-

Baca juga : Periksa Hewan Kurban, Petugas Hanya Dapati Hewan Kelelahan

Sementara, hingga saat ini pesanan untuk sapi di salah satu pedagang di kawasan ini baru 280 ekor, padahal pada tahun kemarin mencapai 400 ekor pada saat musim hari raya kurban saat ini, sedangkan kambing dari yang biasanya laku hingga 200 ekor kini hanya 100 ekor.

“Stok sapi cukup, cuman pembeli berkurang kurang tau saya. Untuk tahun ini desediakan 280 ekor, dibanding tahun kemarin hampir 400 ekor,” kata Abdurahman salah satu pedagang sapi di kawasan RK Ilir.

Abdurahman salah satu pedagang sapi

“Harga tinggi, naik sekitar 300 perkekor. Biasanta Rp2 juta sekarang Rp2.3 juta,” ujar salah satu pedagang Kambing, Nurdin.

Pedagang berharap, dengan masih adanya waktu beberapa hari jelang hari raya kurban sisa hewan kurban mereka bisa laku terjual. Selain sapi dari daerah Jawa, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat dan Bali di tempat ini juga menjual sapi limosin.

 

Reporter : Zein Pahlevi


Uploader.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *