Pemilu Politik

Genjot Partisipasi Pemilih, KPU Kalsel Bentuk Relawan Demokrasi

DUTA TV BANJARMASIN – Rendahnya partisipasi pemilih kerap menjadi persoalan yang selalu muncul dalam setiap pesta demokrasi. Berbagai upaya pun dilakukan untuk memaksimalkan partisipasi pemilih agar target yagn dipatok bisa dicapai.

Selain menggencarkan ragam sosialisasi terbaru, KPU juga 55 relawan demokrasi (Relasi) yang dipasang, guna menyampaikan proses kepemiluan ke seluruh lapisan masyarakat pemilih.

“Tugasnya dalam rangka sosialisasi ke masyarakat apa itu Pemilu 2019. Harapannya relasi ini ada 10 basis disabilitas, perempuan, keluarga, pemula, agama, pemuda, dan lainnya, dari beragam elemen.  Mensosialisasikan agar masyarakat tahu sehingga pemilih meningkat. Target Nasional 77,5 persen sedangkan trend pemilih hanya 60-65% persen,”kata Khairun Nizan Ketua KPU Kota Banjarmasin.

Beberapa relasi mengaku keikutsertaannya diharapkan dapat mendongkrak angka pemilih di Banjarmasin nantinya.

“Ini yang ketiga kalinya. Partisipasi masih rendah. Ada keinginan untuk meningkatkan dengan mengedukasi perempuan dan ibu – ibu. Termasuk basis pemilih pemula yang terbanyak di Pemilu,”ujar Vita Puspita dari  Relasi Basis Perempuan.

Sedangkan dari Relasi Basis Netizen, Indah Lestari mengaku ikut dalam kegiatan ini untuk mencari pengalaman.

“Ini lagi liburan, cari pengalaman dan segmentasi daripada main gadget. Ada dapat info dari KPU. Tertarik aja, posting foto sosialisasi lewat internet,”katanya.

Tak mau kalah, Selamat dari Relasi Basis Difabel juga turut berpartisipasi.

“Tidak tahu ada rekrutan relasi ini. Dengar informasi di Banjarmasin pemilih menurun, apalagi disabilitas memang iya, sebagian berbagai alasan tidak memilih. Terpanggil dengan harapan bisa lebih tahu.

Di Banjarmasin, capaian partisipasi pemilih di Pemilu sebelumnya hanya tercapai 60 – 65 persen. Di Pemilu serentak kali ini secara Nasional, KPU menargetkan dapat terwujud sebesar 77,5 persen.

 

Reporter : Fadli Rizki


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *