Gelombang Tinggi, Tangkapan Nelayan Menurun Harga Ikan Melonjak

DUTA TV BANJARMASIN Cuaca buruk yang terjadi di perairan Laut Jawa sejak sepekan terakhir, berdampak menurunnya hasil tangkapan ikan para nelayan.

Dalam beberapa hari terakhir kapal nelayan yang masuk ke pelabuhan ikan Banjar Raya Banjarmasin juga tampak menurun hingga separonya.

Menurut pengepul ikan di pelabuhan ikan Banjar Raya, gelombang di laut jawa saat ini mencapai dua setengah meter hingga tiga meter, akibat kencangnya angin timur tenggara.

Lihat Juga :  Bukan Betina, Arwana Kalimantan yang 'Hamil' Pejantan !

Meski begitu, para nelayan tetap nekat melaut, namun hasil tangkapan ikan mereka berkurang jauh. “Tetap melaut juga, asalkan di tengah sudah siap dimuat ikannya. Tangkapan ikan gak pasti, berkurang daripada biasanya, biasa 50 ton sekarang 30,” terang Alex salah satu nelayan.

Sementara itu, kepala UPT Pelabuhan perikanan Banjar Raya Banjarmasin, Rusdi Hartono, membenarkan jika terjadinya penurunan hasil tangkapan ikan para nelayan, namun pihaknya memastikan jika stok ikan laut bagi warga Banjarmasin maupun Kalsel aman hingga satu minggu ke depan.

Lihat Juga :  KSOP Banjarmasin Keluarkan Surat Edaran Bahaya Cuaca dan Gelombang Tinggi

“Hasil nelayan menurun. Masih mencukupi untuk satu minggu kedepan,” ujarnya.

Dengan kondisi ini harga ikan laut di Pelabuhan Banjar Raya Banjarmasin juga turut melonjak naik hingga 20% seperti ikan peda, ikan lajang, tongkol dan jenis lainnya.

Reporter : Mawardi


Uploader.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *