Galian C di Bukit Lentera Diduga Marak Lagi

Banjarbaru, Duta TV Kondisi akses jalan di kawasan Bukit Lentera Kelurahan Cempaka Kota Banjarbaru sekitar seminggu lalu mengalami banjir lumpur yang diduga berasal dari lokasi penambangan galian C yang tidak jauh dari pemukiman penduduk.

Warga, dalam keterangannya, tidak berani memberikan teguran kepada pelaksana penambangan galian C dan hanya meminta agar dibuatkan saluran drainase agar limbah lumpur tidak masuk ke pekarangan rumah warga.

Aktivitas galian C di lokasi tersebut sudah berjalan sekitar sebulan lebih. Sebelumnya, pengelola galian C sudah dibubarkan karena melanggar Perda Kota Banjarbaru Nomor 3 Tahun 2017 tentang Lingkungan.

Dalam Perda tersebut, aktivitas galian C di Kota Banjarbaru dilarang karena bukan perijinan galian C dan bukan menjadi kewenangan pemerintah kabupaten dan kota. Sejak diterbitkannya Perda Nomor 3 Tahun 2017, Pemko Banjarbaru tidak memperpanjang perijinan yang sudah diterbitkan.

Selain menyebabkan gangguan di lingkungan pemukiman warga, penambangan galian C di Bukit Lentera diduga juga merusak embung di komplek perumahan Citra dan dicurigai mencemari air Sungai Kuranji di Kelurahan Cempaka Kota Banjarbaru.

Dikonfirmasi mengenai keberadaan galian C via pesan WhatsApp, Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarbaru belum mendapatkan informasi dan mengaku akan menginventarisir informasi maraknya penambangan galian C.

Tim Liputan

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *