FKPT Kalsel Imbau Masyarakat Bijak Bermedsos

Banjarmasin, DUTA TV — Akhir-akhir ini, dunia maya banyak dimunculkan informasi dan berita palsu atau lebih dikenal dengan istilah hoax oleh sejumlah oknum yang tidak bertanggungjawab.

Menyikapi hal tersebut, forum koordinasi pencegahan terorisme atau FKPT Kalsel menggelar talk show literasi digital, yang diikuti 100 orang terdiri dari mahasiswa, pers kampus, lurah, aparatur desa, TNI, polri dan penggiat media sosial, secara virtual, Kamis pagi(05/08).

Menurut ketua FKPT Kalsel, Aliansyah Mahadi jika tidak ada kehati-hatian, netizen pun dengan mudah termakan berita hoax dalam kegiatan aksi radikalisme yang akhirnya dapat mengarah menjadi gerakan terorisme.

“Tidak percaya dengan Pancasila, kepercayaan pemerintah banyak yang konten termasuk komunis dan selalu dekat dengan Pilpres, Pilkada, Pilgub selalu dikaitkjan sekarang sudah menurun hoax terrisme bahkan ada yang terpapar hanya melalui media sosia membaitnya ia bisa melakukan tindakan kekerasan terhadap orang lain,” kata Zainal Helmi, Koorbid Media Massa, Hukum dan Hubungan Masyarakat FKPT Kalsel.

FKPT sendiri melihat kondisi sekarang, banyak generasi muda yang terpengaruh berita hoax yang tersebar di media social. FKPT juga berharap media mainstream dapat memperkuat peran sebagai sarana informasi yang menyajikan berita dengan benar, untuk menangkal berita hoax yang mengarah kepada tindakan radikalisme dan terorisme.

Reporter : Mawardi

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Asiah

Uploader.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *