DPRD Kalsel Dukung Pembuatan Embung di HST

Hulu Sungai Tengah, DUTA TV — Salah satu upaya untuk menanggulangi musibah banjir yang terjadi di kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) adalah dengan pembuatan embung di lahan seluas 60 hektar. Hal tersebut terungkap dalam kunjungan kerja Komisi I DPRD Kalsel dalam rangka monitoring penanggulangan musibah banjir di BPBD kabupaten HST.

Sekretaris Komisi I DPRD Kalsel,  Suripno Sumas mengatakan, pihaknya mendukung rencana kegiatan yang bersumber dari APBN tersebut. Sedangkan untuk pembebasan lahan, anggarannya dibebankan kepada pemerintah kabupaten HST dan pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

Lihat Juga :  Logistik Kurang, Warga Lok Baintan Minta Bantuan Menggunakan Jukung

Menurutnya program dari Balai Rawa ini sebagai salah satu upaya penanganan dan penanggulangan banjir. Walaupun pembuatan embung terkendala ganti rugi lahan yang jumlahnya cukup besar.

“Saya kira apa yang menjadi program Balai Rawa bahwa salah satu upaya penanggulangan banjir dengan membangun embung,”ujarnya.

Pihaknya akan mendukung melalui anggaran multi years dengan menggunakan APBD Perubahan 2021  dan kemungkinan di APBD 2022.

Lihat Juga :  Ratusan Paket Bantuan Disalurkan PT BRE di Kabupaten Kota Terdampak Bencana

Terkait upaya pencegahan dan penanggulangan banjir, BPBD HST akan melakukan pembersihan sungai serta memantau daerah aliran sungai bersama Dinas Lingkungan Hidup setempat.

 

Tim liputan

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *