Pemerintahan Sosial

Dishub Akan Pantau Kawasan Siring Dengan Jetski

Duta TV Banjarmasin Dua unit jetski milik Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin tampak terparkir di dalam Kantor UPTP Pelabuhan dan Penyebarangan Banjar Raya.

Jetski ini dibeli  dan untuk keperluan melakukan pengawasan pada event- event yang berkaitan dengan sungai, khususnya di Kawasan Siring Piere Tendean atau di sungai Martapura.

Menurut Kadishub Kota Banjarmasin Ichwan Noor Chalik,jetski  dipilih agar pergerakan lebih gesit untuk melakukan pengawasan disungai.

Selain pada event tertentu, nantinya alat transportasi air ini juga digunakan untuk melakukan pengawasan terahadap kelotok- kelotok yang membawa wisatawan saat susur sungai.

Guna membeli dua unit jetski bermerk Yamaha dengan kecepatan 1050 cc ini, Dinas Perhubungan harus merogoh kocek sekitar Rp 300 juta yang dananya bersumber dari APBD. Rencananya, dua transporasi air ini akan mulai dioperasionalkan pada Januari 2019 mendatang.

“Untuk memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana, kami perlu transportasi yang gesit, kecil, simple untuk mengawasi sungai. Kita mengadakan 2 buah jetski, tujuannya untuk mengawasi kelotok wisata dan para pengunjung di sekitar Siring Tendean. Speed kenceng, tapi nggak lincah,”ujar Ichwan mengenai dipilihnya jetski sebagai alat transportasi pengawasan.

Untuk operator atau pengemudi jetski ini, Ichwan sudah melatih beberapa personil.

Kedepannya, Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin berencana menambah dua unit lagi jetski pada tahun 2019 mendatang.

 

Reporter :Zein Pahlevi


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *