Dinyatakan Sehat, 2 Kru Kapal MV Vega Rose Tinggalkan Rumah Sakit

DUTA TV KOTABARU – 2 kru kapal MV Vega Rose yang jatuh sakit seusai melakukan perjalanan dari Cina telah selesai menjalani observasi lanjutan di Rumah Sakit Umum Daerah Pangeran Jaya Sumitra Kotabaru, masa observasi ini berlangsung selama 3 hari mulai Kamis pekan tadi (13/02/2020).

Dari hasil pemeriksaan terakhir, kedua pasien dinyatakan dalam kondisi sehat dan tidak menunjukkan gejala-gejala terpapar penyakit akibat virus corona yang sebelumnya dikhawatirkan.

Disisi lain dihitung sejak tanggal mereka bertolak dari Cina ke Kotabaru pada tiga Februari 2020, masa inkubasi virus corona selama 14 hari juga sudah terlewati.

Oleh karena itu hari Minggu kemarin kedua pasien sudah dibolehkan meninggalkan rumah sakit. Keduanya dijemput oleh agen kapal setelah dilakukan serah terima dari rumah sakit kepada kantor kesehatan pelabuhan.

“Telah diobservasi rumah sakit selama 3 hari pasien yang dilakukan pemantauan pada saat ini dinyatakan sehat dan bisa keluar, dari rumah sakit pada hari ini, pemeriksaan terakhir tidak ada keluhan-keluhan yang mengarah pada penyakit yang kita takutkan yaitu corona semua dalam batas normal, karena ini sudah lewat masa inkubasi jadi dianggap pemantauannya telah selesai,” ujar Sudarsono, kabid P2P Dinas kesehatan kabupaten Kotabaru.

Sudarsono, kabid P2P Dinas kesehatan kabupaten Kotabaru

Sudarsono, kabid P2P Dinas kesehatan kabupaten Kotabaru

Sebelumnya 2 kru kapal MV Vega Rose dirawat di RSUD Pangeran Jaya Sumitra Kotabaru karena mengalami keluhan-keluhan seperti demam, sakit kepala, dan batuk berdahak.

Kapal MV Vega Rose yang berasal dari panama diketahui singgah ke 3 kota di Cina sebelum berlayar ke kotabaru untuk memuat batubara.

Kedua kru Warga Negara Indonesia itu pun dievakuasi terkait standar operasi prosedur penanangan penyakit akibat virus corona.

Namun setelah menjalani pemeriksaan, keduanya didiagnosa menderita Infeksi Saluran Pernapasan Akut atau ISPA.

Reporter : Nazat Fitriah

#UPDATE CORONA KALSEL

Slider

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *