Dinkes Kalsel Fasilitasi Pemeriksaan Kesehatan Sopir Jelang Lebaran

Kabupaten Banjar, DUTA TV — Mengantisipasi angka kecelakaan lalu lintas selama arus mudik lebaran, Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, memfasilitasi pemeriksaan kesehatan bagi para sopir, di Terminal Gambut Barakat.

Pemeriksaan hari pertama dipantau langsung kepala Dinas Kesehatan Kalsel Hj. Raudhatul Jannah.

Sedikitnya 50 sopir diwajibkan untuk menjalani sejumlah rangkaian pemeriksaan kesehatan meliputi tekanan darah, gula darah sewaktu, kolesterol, asam urat, jumlah denyut nadi dan jantung, saturasi oksigen, mata, urin, alkohol pernapasan hingga pemeriksaan jiwa.

Kadinkes Kalsel menyebut pemeriksaan kesehatan ini penting untuk memastikan pengemudi dalam keadaan sehat dan layak membawa penumpang.

“Ini kita kumpulkan para sopir bis yang akan mengangkut penumpang menuju tujuannya kegiatan ini punya tujuan pertama adalah membudayakan hidup bersih dan sehat dan kedua tentu saja untuk melihat tingkat kesehatan dan kebugaran para supir dalam rangka menurunkan angka kecelakaan lakalantas karena kalau drivernya sehat akan menurunkan human eror dan juga harapannya tentu saja salah satunya krn pengambilan data kesehatan harapan kita sopir dan penumpang bisa selamat sampai ke tujuan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kalsel.

“Sasarannya sekitar 50 orang dan pada kesempatan ini tentunya kami dari balai apresiasi sekali terimakasih kepada Dinkes dan stakeholder terkait karena memang dalam UU 23 tentang lalu lintas angkatan darat Kemenkes jadi pilar untuk menjamin keselamatan penyelenggaraan angkutan dan ini tindakan preventif dimana penumpang menitipkan keselamatannya kepada pengemudi sehingga wajib diantisipasi,” ucap Zulmardi, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Kelas II Kalimantan Selatan.

“Kami bekerjasama dengan UPTD dan stakeholder lainnya berupaya untuk memberikan kenyamanan dan kenyamanan bagi masyarakat yang melaksanakan mudik ke kampung halaman di idul fitri 1445 hijriah kami menghimbau kepada masyarakat agar menggunakan alat transportasi resmi sesuai ketentuan yang berlaku,” tutur  Benyamin Bob Panjaitan, Kepala Jasa Raharja Cabang Kalsel.

Sementara, salah satu sopir akap mengaku pemeriksaan kesehatan ini sangat membantu dirinya agar tak terjadi kendala saat membawa penumpang dengan waktu belasan jam.

“Jarak yang kami tempuh ketika berangkat jam setengah 4 sore nyampai sini jam 8 pagi kurang lebih  16 jam dari kami diwajibkan driver 2 bergantian karena pengaruh cuaca biasanya tubuh sering terganggu,” ujar Ari, Sopir Akap.

Pemeriksaan kesehatan gratis ini juga difasilitasi untuk para penumpang di areal ruang tunggu keberangkatan. Selain itu, juga disediakan posko gabungan sebagai unit siaga untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat selama arus mudik lebaran.

Reporter : Evi Dwi Herliyanti

Asiah

Uploader.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *