Diduga Bangun Perumahan di Lahan RTH, Dewan Minta Pemko Tegas

DUTA TV BANJARMASIN – Di kawasan yang sudah mulai dilakukan pengerasan jalan ini akan dibangun perumahan, yang terpampang spanduk promosi dari pengembang perumahan Grand Asma Pesona Mandiri.

Usut punya usut ternyata lahan di Jalan Tembus Mantuil ini, memilik site plan atau termasuk dalam kawasan ruang terbuka hijau atau RTH, yang seharusnya tidak boleh adanya sembarang aktifitas pembangunan, persoalan ini didasari laporan warga setempat yang disampaikan ke Komisi III DPRD kota Banjarmasin, yang ditindaklanjuti pada kunjungan lapangan.

ketua Komisi III DPRD kota Banjarmasin M.Isnaini, meminta pemerintah kota harus tegas, jika benar proses pembangunan ini menyalahi aturan, terlebih saat ini kota sungai dalam kondisi krisis ruang terbuka hijau.

“Kita melihat di sini, pengembang tetap melaksanakan proses pembangunan atau pengerjaan perumahan, dalam konteks itu mengapa pengembang masih mengerjakan pembangunan, kita tidak tahu apakah mungkin ada perizinan jadi pengembang masih membangun, kita tidak tahu dari mana,kalau saya lihat dari site plan Dinas PUPR tadi, ini sudah masuk dalam konteks jalur hijau, terlepas apakah ini milik masyarakat atau lain sebagainya ini lah nanti kita akan duduk bersama, rapat dengan pihak terkait, pertama kita ingin memastikan lahan RTH ini,”  kata M. Isnaini ketua Komisi III DPRD kota Banjarmasin.

“Kalau ini (perumahan) dibangun sesuai prosedur silahkan diteruskan dibangun dan seperti apa baiknya dengan warga, perumahan diduga ada di lahan RTH tersebut, perumahan itu nantinya akan berhadapan dengan mushalla dan majelis ta’lim,” ujar Habib Salim Bahasyim Warga

Habib Salim Bahasyim (kanan) Warga

Habib Salim Bahasyim (kanan) Warga

 

Dewan berjanji akan memanggil pihak terkait, guna mencari solusi dan duduk persoalannya namun jika itu menyalahi aturan, dewan minta Pemko dapat bersikap tegas dengan membongkar bangunan perumahan tersebut.

Reporter : Fadli Rizki

Asiah


Uploader.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *