Deklarasi Netralitas TNI Polri dan ASN Digelar

Tanah Bumbu , Duta TV – Deklarasi Komitmen Netralitas TNI, Polri dan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tanah Bumbu tahun 2020, digelar di halaman Mapolres Tanah Bumbu, Kamis (22/10).

Sekretaris Daerah Kanupaten Tanah Bumbu H.Rooswandi Salem, M.Sos.MM didampingi Kapolres Tanah Bumbu, AKBP Himawan Sutanto Saragih, SH SIK ST Dandim 1022 Tanah Bumbu, Letkol Cpn Rahmat Trianto, M.Si M.Tr, Kajari Tanah Bumbu, Muhammad Hamdan, SH serta Organisasi Pemerintahan Daerah (OPD) Kecamatan, membacakan naskah deklarasi.

“Kami TNI, Polri dan ASN Kabupaten Tanah Bumbu berkomitmen menjaga netralitas pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tanah Bumbu tahun 2020. Netralitas TNI, Polri dan ASN harga mati!” diikuti seluruh peserta dan dilanjut penandatanganan naskah deklarasi.

Dalam deklarasi tersebut Kapolres Tanah Bumbu, AKBP Himawan Sutanto Saragih, SH SIK ST mengatakan TNI dan Polri harus saling menjaga dan mengingatkan serta menjunjung tinggi netralitas.

“Saya mengingatkan kepada anggota agar selalu netral. Perlu diwaspadai adanya upaya pihak tertentu yang mencoba memancing adanya ketidak netralan,” katanya.

“Kita harus selalu waspada jangan sampai memberikan fasilitas dan jangan terpengaruh rayuan,” imbuh AKBP Himawan

Senada diungkapkan, Kapolres Tanah Bumbu, Dandim 1022 Tanah Bumbu, Letkol Cpn Rahmat Trianto, M.Si M.Tr, juga menandaskan netralitas TNI.
“Kondisi di Seluruh 10 Koramil di Tanah Bumbu dalam keadaan Kondusif, dan saya menjamin semua anggota TNI yang berada di wilayah kabupaten Tanah Bumbu kenetralitasanyanya,” jelas Letkol Cpn Rahmat Trianto.

Sementara itu, itu Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, H. Rooswandi Salem, M.Sos, MM mengatakan, bahwa Undang-Undang Pilkada mengatur peserta Pilkada dilarang melibatkan TNI, Polri dan ASN.

“Maka dari itu unsur yang dilarang tersebut jangan sampai terlibat pada kegiatan kampanye atau yang lain, bahkan berfoto menggunakan gestur tertentu juga dilarang guna terhindar dari indikasi kampanye,” ujarnya.

“Para penyelenggara pemilu seperti KPU dan Bawaslu kita juga bersama dengan elemen masyarakat tokoh-tokoh masyarakat melakukan deklarasi juga anti anarkis menghindari dan kita berharap dalam penyelenggaraan Pilkada Bupati tanahbumbu tahun 2020 ini semua pihak bersepakat untuk kita selenggarakan secara damai dan kondusif ,” pungkasnya.

Iwan-Tanah Bumbu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *