Covid-19 Menyebar, Ikan Hias Ipul Dikejar

Kandangan, DUTA TV —  Selain menimbulkan dampak buruk bagi masyarakat, pandemi Covid-19 juga memberikan hal positif bagi sebagian orang yang mempunyai kemauan untuk berusaha dan melihat peluang yang ada.

Salah satunya seperti yang dilakukan Ipul, warga Taniran Selatan Kecamatan Angkinang Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Saat pandemi Covid-19 dirinya justru sukses mengembangkan usaha budidaya ikan hias rumahan.

Usaha yang digelutinya sejak tujuh bulan lalu semakin hari semakin meningkat bahkan saat ini dirinya mampu menjual ratusan ikan hias dalam sebulan.

Dijelaskan Ipul, peningkatan usaha ikan hias mulai terjadi semenjak masa sekolah diliburkan. Karena banyak anak yang memburu dan membeli ikan hias miliknya untuk dijadikan peliharaan di rumah.

“Untuk usaha ikan hias kurang lebih 7 bulan dalam masa pandemi Covid-19 meningkat. Kalau dulunya biasa 3 box sekarang kurang lebih 21 box. Selama masa liburan sekolah untuk anak – anak lumayan, hampir tiap hari dan ada beberapa orang yang datang,”ujar Ipul.

Sejak memulai usahanya, Ipul telah berhasil membudidayakan berbagai jenis ikan hias, diantaranya ikan guppy, ikan fluffy, ikan cupang serta ikan cawing.

Dari beberapa jenis ikan tersebut, ikan guppy-lah yang sering diburu pembeli karena proses pemeliharaannya yang terbilang mudah.

Reporter : Muhammad Irfansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *