Beralih Fungsi Jadi Tempat Usaha, TPS di Belitung Ditutup

Banjarmasin, DUTA TV — Pemerintah Kota Banjarmasin, kembali menutup tempat pembuangan sampah atau TPS, di kawasan Belitung, Banjarmasin Barat,  sejak beberapa hari lalu.

Kali ini penutupan dilakukan karena pemilik tanah yang berada di kawasan itu ingin membuka tempat kuliner.

Sementara, eks TPS tersebut rencananya akan dibangun jembatan untuk menghubungkan tempat kuliner dengan jalan raya. Karena pihak pengusaha sudah memiliki izin untuk membangun jembatan dan tempat usaha kuliner itu, pemerintah kota Banjarmasin, dalam hal ini, Dinas lingkungan hidup tidak bisa berbuat banyak.

Rencananya TPS yang sudah ditutup itu akan dipindah di kawasan Belitung, tepatnya di dekat SMPN 5 Banjarmasin, atau didepan komplek Navigasi.

“Ada kegiatan usaha disana, karena disitu kan memakai badan jalan dan didalam ada lahan dan mereka sudah meminta izin membangun jembatan, di satu sisi Pemko perlu TPS ya, disisi lain Pemko juga mendukung geliat usaha sepanjang mereka sudah memenuhi perizinan,” kata Marzuki Kabid Kebersihan dan Pengelolaan Sampah DLH Kota Banjarmasin

Sebelumnya, sudah ada 7 TPS yang ditutup sejak akhir tahun 2020 lalu. Seperti, 2 TPS di Jalan Pramuka, 3 TPS di kawasan Veteran, 1 di kawasan Kuripan, dan satu di kawasan Sungai Andai dan terakhir 1 di Belitung Darat.

Reporter : Zein Pahlevi

Asiah


Uploader.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *