Belasan Rombongan Belajar (Rombel) di 14 SDN Kota Banjarbaru Minim Siswa

BANJARBARU, DUTA TV13 siswa kelas 1 di SDN 2 Cempaka Kota Banjarbaru, tetap fokus mengikuti mata pelajaran yang diajarkan guru, bahkan lebih bebas dalam berinteraksi dengan guru, untuk melakukan tanya jawab sehingga bisa cepat memahami pelajaran.

Demikian pula di kelas 2 dan kelas 3, sekolah yang dekat dengan sekolah calon Bintara TNI Angkatan Darat Gunung Kupang ini, hanya memiliki siswa dalam jumlah belasan, disebabkan jauh dari pemukiman penduduk, serta persoalan pandemi COVID-19 dua tahunan.

berdasarkan data Dinas Pendidikan kota Banjarbaru, ada 13 sekolah dasar negeri lainnya yang tersebar di kota idaman, keterisian siswa di kelas satu dibawah syarat minimal 28 siswa.

Menurut Kadisdik kota Banjarbaru Dedi Soetoyo, dari hasil kajian yang dilakukan Dinas terkait, hal itu disebabkan beberapa faktor, yakni pandemi COVID-19, sekolah jauh dari pemukiman penduduk, bahkan ada yang terdampak pengembangan Bandara Syamsuddin Noor Banjarbaru, dan pihaknya tengah melakukan kajian untuk mengatasi permasalahan itu.

“Jauh dari pemukiman, semoga berkembangnya perumahan menjadi solusi,” ujar Syarifah Nur Safiah Kepala Sekolah SDN 2 Cempaka

Kendati minim terhadap penderita buta aksara, Disdik Banjarbaru melakukan monitoring terhadap, 800 lebih anak putus sekolah dan 600 an anak drop out, atau sekitar 6% dari anak usia sekolah, agar tidak menjadi buta aksara.

Reporter : Tarida Sitompul

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Uploader.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.