Bea Cukai Musnahkan Barang Ilegal Senilai Rp 5 Miliar

BANJARMASIN, DUTA TVPemusnahan lima juta batang rokok ilegal tanpa cukai dilakukan secara simbolis dengan cara dibakar oleh jajaran Direktorat Jenderal Bea dan Cukai kantor wilayah Kalimantan bagian Selatan, kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai tipe madya Pabean B, Kepolisian, TNI, dan Kejaksaan, di kantor Bea Cukai Banjarmasin, Rabu pagi (18/11).

Dalam pengungkapan barang ilegal ini, petugas Bea dan Cukai Banjarmasin juga menyita minuman keras, senjata api, serta alat kesehatan dengan nilai Rp 5 miliar lebih, yang dikirim melalui jalur pelabuhan Trisakti Bandarmasih dan barang kiriman Pos Luar Negeri.

Kepala kantor pengawasan dan pelayanan Bea dan Cukai Banjarmasin, Kurnia Saktiyono mengatakan, akibat masuknya barang ilegal yang mencapai Rp 5 miliar lebih tersebut, negara dapat dirugikan mencapai Rp 2 miliar lebih.

“Kalau kita hitung dari perhitungan kita 5,2 miliar nilai barangnya, dimana pajak yang harusnya bisa dipungut oleh negara adalah 2,2 miliar” ujarnya.

Meski menyita barang ilegal dengan jumlah besar, namun petugas bea dan cukai kesulitan untuk mengungkap pemilik barang, karena alamat penerima kerap dipalsukan.

Petugas bea dan cukai menuding jika tidak menutup kemungkinanan masuknya barang-barang ilegal tersebut melibatkan jasa ekspedisi pengiriman barang, yang akan ditindak lanjuti lebih jauh.

Reporter : Mawardi


Uploader.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *