BEA Cukai Banjarmasin Dorong Peningkatan Ekspor di Kalsel

BANJARMASIN, DUTA TVPemerintah terus melakukan berbagai upaya dalam optimalisasi program pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi COVID-19, salah satunya dengan meningkatkan kinerja ekspor nasional.

Dalam mendukung program pemulihan ekonomi nasional, Bea Cukai Banjarmasin menyiapkan berbagai program relaksasi dan kemudahan, baik prosedural maupun fiskal untuk mendorong kinerja ekspor yang nantinya akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi.

Lihat Juga :  Hari Kedua Vaksinasi Pedagang, Petugas Lebih Sigap

Namun saat ini masalah yang dihadapi pengguna jasa adalah biaya atau cos yang cukup tinggi saat melakukan ekspor lantaran pengiriman harus transit dari pelabuhan 1 ke pelabuhan yang lain, ditambah terbatasnya kontainer yang masuk ke Pelabuhan Banjarmasin.

Untuk menampung kendala dilapangan terkait ekspor dan impor, pihak Bea Cukai Banjarmasin turut menggelar focus group discussion dengan mengundang seluruh pengguna jasa dari eksportir, importir, agen sarana pengangkut dan PPJK dengan jumlah 227 perusahaan.

Lihat Juga :  Warga Alalak Selatan Diminta Aktif Dukung Program Vaksinasi COVID-19

Dari data pertumbuhan eskpor di Kalsel terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun hingga delapan hingga 10%. Namun pada tahun 2020 pertumbuhan eskpor di Kalsel naik hanya 2,1% , akibat dampak pandemi COVID-19.

Reporter : Mawardi


Uploader.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *