Banyak Siswa Belum Tahu Pahlawan Asal Kalsel

DUTA TV BANJARMASIN – Ratusan siswa SMP Negeri 19 Banjarmasin diberikan pembekalan semangat kejuangan 45 serta pengenalan para pahlawan nasional asal Kalimantan Selatan, oleh dewan harian daerah badan pembudayaan kejuangan DHD 45 provinsi Kalsel Selasa pagi.

Dalam upaya menumbuhkan semangat nasionalisme di era sekarang, ternyata masih banyak anak pelajar di banua yang belum tahu siapa saja para pahlawan yang berjasa baik melawan penjajah hingga mempertahankan kemerdekaan.

Lihat Juga :  Jokowi Sebut Pendidikan Harus Adaptif

Empat orang tokoh pahlawan nasional yakni Brigjen TNI Purnawirawan H. Hassan Basry, Pangeran Antasari, Ir. Pangeran H. Mohamad Noor, dan Dr. KH. Idham Chalid.

Kesemuanya dikenalkan dan dikisahkan sekilas riwayat perjuangan di banua Kalimantan Selatan.

“Dalam rangka sosialisasi pembudayaan kejuangan 45, mengenalkan pahlawan Kalsel, diantaranya pangeran Antasari, PM. Noor, Idham Chalid, dan Hasan Baseri, banyak anak yang tidak tahu,” ucap Drs. Rusman ketua panitia sosialisasi pembudayaan jiwa.

Lihat Juga :  5 SMPN dI Martapura Memilih Gelar Ujian Sekolah Secara Daring

“Senang sekali dengan kegiatan ini, sangat antusias anak-anak mengikuti, menambah pengetahuan, sehingga anak tahu para pejuang di kalsel,” kata Mirna Hartati Lani kepala SMP Negeri 19 Banjarmasin.

Beberapa siswa mengaku baru tahu setelah diberikan informasi dari para pengurus DHD 45 yang bersosialisasi di sekolah mereka.

Agenda ini menjadi program tahunan DHD 45 Kalsel sebagai bentuk sosialisasi pembudayaan, jiwa, dan semangat kejuangan 45, yang paling tidak generasi penerus tak tertelan arus teknologi informasi saat ini, dan diantara pesan pahlawan banua yang ditularkan adalah “haram manyarah, waja sampai kaputing”.

Dan untuk mengenang empat pahlawan nasional asal Kalimantan Selatan pihak sekolah diberikan poster atau bingkai foto pahlawan tersebut agar diingat dan diimplementasikan semangat juangnya.

Lihat Juga :  Jokowi Sebut Pendidikan Harus Adaptif

 

Reporter : Fadli Rizki

Redha Aulia R


Uploader.
Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *