Banjir Juga  Picu Kenaikan Kasus Covid-19 di Kalsel

Banjarmasin, DUTA TV — Peningkatan kasus Covid-19 di Kalimantan Selatan dua bulan terakhir diduga dipicu sejumlah faktor, diantaranya dampak banjir dan mobilitas tak terkendali.

Diungkapkan Guru Besar Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat, Syamsul, hal ini berbeda dengan kasus serupa di provinsi lain.

“Hampir semua provinsi di Indonesia rerata kasus harian mulai menurun tetapi tidak dengan Kalimantan Selatan, justru meningkat signifikan. Ini harus dievaluasi faktor pemicunya,” katanya, Selasa (16/3).

Lihat Juga :  Tes Ulang, Dewan Hakim MTQ Tabalong Positif Covid-19

Kasus aktif dalam dua bulan terakhir di Kalsel meningkat dua kali lipat jika dibandingkan per 14 maret 2021 mencapai 2.241 dari tanggal 14 Januari 2021 dengan jumlah kasus aktif 1.128.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan peningkatan tersebut, antara lain sebagai dampak musibah banjir pada awal tahun tadi. Hal ini berdampak pada menurunnya penerapan protokol kesehatan oleh masyarakat.

Lihat Juga :  Note : Kalsel Terbanyak Sumbang Kasus Covid Minggu ini

“Di samping kondisi banjir menyebabkan daya tahan tubuh warga menurun akibat hieginitas dan sanitasi yang kurang baik,” lanjutnya.

Di sisi lain, munculnya kasus Corona B117 sebagai varian baru di Kalimantan selatan juga dingatkan Syamsul perlu diwaspadai.(ant)

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *