Bangunan di Atas Sungai, Pemko Harus Segera Koordinasi ke BPN

Banjarmasin, DUTA TVKondisi Sungai Guring yang saat ini dinilai sudah hampir menyurupai selokan mendapat perhatian khusus dari wakil rakyat.

Wakil ketua DPRD Kota Banjarmasin Muhammad Yamin yang meninjau langsung kawasan Sungai Guring yang berlokasi di Pemurus Baru RT 15 berharap kepada pemerintah setempat untuk bisa sesegeranya berkoordinasi dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) terkait status bangunan-bangunan yang berdiri di atas sungai.

Lihat Juga :  Tumpukan Sampah dan Ranting Penuhi Alur Sungai di Jembatan Pasar Lama

“Kita sudah menerima edaran terkait bangunan di atas sungai, prihatin ya terjadi penyumbatan, harapannya pemerintah dapat menertibkan, koordinasi dengan BPN untuk pemetaan sungai,” terang Muhammad Yamin.

Sementara itu kepala bidang sungai Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang kota Banjarmasin Hizbulwathoni mengungkapkan jika kondisi Sungai Guring ini memang terlihat menyempit.

Dari data sungai yang ada pada pemko Banjarmasin Sungai Guring ini memiliki lebar 19 meter dan panjang kurang lebih 1,5 kilometer. Namun melihat kondisi sekarang lebar sungai ini hanya 2 hingga 4 meter saja.

Lihat Juga :  PUPR Akui Banyak Sungai Tertutupi, Dewan : Bongkar!!!

“Tahun 2017-2018 ada pengerukan, data 19 meter untuk lebar panjang kurang lebih 1,5 kilometer,” kata Hizbulwathoni, Kabid Sungai PUPR Kota Banjarmasin.

di kota Banjarmasin sendiri saat ini terdapat 209 sungai baik sungai kecil hingga sungai besar. Dari 209 tersebut tiga diantaranya masuk dalam kategori sungai besar yakni Sungai Alalak, Sungai Martapura  serta Sungai Barito.

Lihat Juga :  Gerak Cepat, Pimpinan DPRD Turun Keruk Eks Kios Kuripan

Reporter : Nina Megasari – Fadli Rizki

Redha Aulia R


Uploader.
Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *