Anggota Dewan Sosialisasikan Pembentukan Kabupaten Gambut Raya

Banjarmasin, DUTA TV Pembentukan Kabupaten Gambut Raya dipastikan terus berlanjut. Pasalnya respon masyarakat untuk pemekaran Kabupaten Banjar itu cukup tinggi.

Hal itu diungkapkan Ketua Panitia Pembentukan Kabupaten Gambut Raya yang juga Anggota DPRD Kalsel dapil Kabupaten Banjar Gusti Abidinsyah saat melaksanakan sosialisasi perda nomor 6 tahun 2020 tentang penyelenggaraan ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat yang dihadiri para pembakal atau kepala desa dari enam kecamatan yang rencananya akan masuk dalam pembentukan Kabupaten Gambut Raya.

Ia sengaja menyasar para pembakal dari wilayah pemekaran sekaligus mensosialisasikan pembentukan Gambut Raya. Dalam kesempatan ini ia juga menjabarkan besarnya PAD yang disumbangkan dari enam wilayah tersebut untuk Kabupaten Banjar yang mencapai 60 persen.

“Gambut Raya jelas potensi sangat banyak. Jasa sangat besar untuk PAD-nya aja kita menyumbangkan ke kabupaten Banjar sangat besar dari BPHTB sangat tinggi, juga pergudangan sangat besar,”ujarnya.

Pembentukan Kabupaten Gambut Raya rencananya meliputi wilayah Kecamatan Kertak Hanyar, Tatah Makmur, Aluh-Aluh , Beruntung Baru, Sungai Tabuk dan Kecamatan Gambut. Keenam kecamatan tersebut merupakan daerah sentra pertanian serta sentra pergudagangan yang berdiri sejak awal tahun 1950an.

Reporter : Evi Dwi Herliyanti

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *