Anggaran Penanganan Bencana Kalteng Rp 250 Miliar

Palangka Raya, DUTA TVPemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menyiapkan anggaran untuk penanganan bencana alam pada tahun 2022 senilai Rp250 miliar.

“Anggaran lebih kurang sekitar Rp250 miliar ini berupa Belanja Tidak Terduga (BTT),” kata Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo, Rabu (13/4/2022).

Ia menjelaskan anggaran dalam BTT ini bisa digunakan untuk penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla), maupun bencana lainnya yang dapat terjadi di Kalteng.

“Sifatnya digunakan untuk penanggulangan bencana, ketika sudah menetapkan status siaga, status tanggap darurat baru bisa digunakan,” tuturnya.

Kendati demikian, dia mengakui Kalteng cukup fokus dalam mengantisipasi baik bencana karhutla maupun asap yang ditimbulkan. Belum lama ini pihaknya mengikuti rapat koordinasi bersama pemerintah pusat terkait kesiapsiagaan menghadapi kemarau sekaligus antisipasi karhutla.

Kalteng menjadi salah satu dari enam provinsi yang diprioritaskan dalam kegiatan ini.

Edy menegaskan kesiapan Kalteng mengantisipasi terjadinya karhutla, mulai dari jajaran instansi terkait di tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota. Ia menjabarkan, selain anggaran yang tersedia pada BTT, juga ada sekitar Rp53 miliar yang bisa digunakan untuk penanganan karhutla, berupa Dana Alokasi Khusus Dana Reboisasi (DAK-DR).

Lebih lanjut ia menjelaskan, untuk kondisi Kalteng saat ini masih dalam kondisi aman, yakni sempat ditemui beberapa titik panas maupun kejadian kebakaran namun masih bisa diatasi kabupaten.(ant)

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *